Camat Mariso Harun Rani Himbau Warga Jaga Bekersihan Guna Cegah Genangan di Musim Penghujan

0
130

Camat Mariso, Harun Rani meminta warganya agar memelihara saluran air (Drainase) dilingkungannya masing-masing. “Jangan jadikan drainase tempat pembuangan sampah,” kata Harun pada kerja bakti di lorong 301 Jalan Nuri.

Harun mengatakan, ada banyak drainase yang tidak lagi berfungsi dengan baik karena sudah tertimbun berbagai sampah rumah tangga.

Hal itu, menurut dia, salah satu penyebab ketika hujan terjadi banjir. Karena telah tersumbat sampah, akhirnya air meluap hingga ke halaman rumah dan juga badan jalan seperti yang terlihat di beberapa wilayah di Makassar.

Ia mengimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan karena sudah ada tempat pembuangan sampah yang disediakan di setiap kelurahan.

Di masing-masing kelurahan ada gerombak/bak sampah yang telah disiapkan untuk menampung sampah rumah tangga. Tapi banyak warga yang kurang sadar sehingga membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Ini yang menyebabkan drainase tersumbat dan ketika hujan mengguyur, terjadi banjir dan sampah berserakan di jalan-jalan,” katanya.

Dia berharap tingkat kesadaran warga untuk memelihara lingkungan dan drainase dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi ke depan semakin lebih baik.

Warga hendaknya secara aktif melakukan kerja bakti dengan membersihkan drainase dari sampah sehingga ketika hujan, airnya tetap lancar dan tidak meluap ke badan jalan atau halaman rumah. Apalagi, kata dia, sekarang curah hujan di Kota Makassar cukup tinggi. (adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here