DKP3 Makassar Fokus Kembangkan Lorong Hijau Produktif

0
109

MAKASSAR — Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar menggagas pertemuan tim ahli dalam pengembangan lorong hijau produktif menuju Makassar dua kali tambah baik, Grand Celino, beberapa waktu lalu. Tim ahli yang dihadirkan mulai dari akademisi, praktisi, florist, motivator, Disperindag, balai POM, dinas kebersihan dan tujuh Camat.

Di dalam pertemuan tersebut, seluruh potensi lorong diangkat dan siap membangun lorong-lorong produktif. Pemateri, Zulfitriany D. Mustaka mengatakan, program pengembangan lorong ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat prasejahtera di Kota Makassar yang terkonsentrasi pada pemukiman padat dan gang sempit. Potensi setiap lorong, kata dia, akan menjadi motor pengerak menggagas lahirnya Badan Usaha Lorong (BULO) yang akan dicanangkan tahun depan.

Apapun yang diproduksi warga lorong akan ditampung oleh badan usaha ini sehingga langkah pemberdayaan lebih optimal. “Saat ini terdapat 7.525 titik lorong di Kota Makassar. Saya sendiri bergerak dalam membangun lorong hijau yang produktif, sehingga masyarakat mandiri dalam pemenuhan sayuran sehari-hari,” katanya. Nantinya, lanjut Zulfitriani, bisa menjadi lahan bisnis jika telah memiliki keterampilan yang baik dalam bidang pertanian modern secara vertikal dan hidroponik di lorong masing-masing. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here