Kejaksaan Tingkatkan Status Penyelidikan Dugaan Penyelewengan Lahan Negara Buloa, Kecamatan Tallo Makassar

0
62

MAKASSAR — Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan meningkatkan status penyelidikan dugaan penyelewengan lahan negara di Kelurahan Buloa menjadi penyidikan setelah ditemukan bukti permulaan.

“Status penyelidikannya sudah ditingkatkan menjadi penyidikan dan Sprindik (surat perintah penyidikan) sudah dikeluarkan pimpinan,” ujar Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel Salahuddin di Makassar, Senin (12/12/2016).

Ia mengatakan, peningkatan status perkara setelah ditemukannya bukti permulaan yang cukup dan ditemukan adanya peristiwa pidana dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan sewa lahan negara dengan menggunakan uang negara, di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo.

Bukan cuma itu, sudah ada beberapa tim jaksa penyidik yang ditunjuk untuk menangani kasus tersebut dalam tahap penyidikan. Hanya saja, Salahuddin enggan membeberkan siapa-siapa saja tim jaksa penyidik yang telah ditunjuk untuk menangani kasus tersebut.

Tim penyidik kata dia, dalam tahap penyidikan tersebut nantinya, akan mencari minimal dua alat bukti dan mencari serta menemukan tersangka dalam kasus itu.

“Dalam tahap penyidikan nanti, penyidik akan mencari dan mengumpulkan bukti, serta membuat terang-benerang peristiwa pidana. Guna menemukan tersangka dalam kasus ini,” tukas Salahuddin.

Menurut dia, dengan ditingkatkannya penanganan kasus tersebut ke tahap penyidikan, maka saksi-saksi yang akan dipanggil untuk dimintai keterangannya, wajib memenuhi panggilan dan harus koporatif.

“Karena ada upaya panggil paksa dalam tahap penyidikan, kalau saksi yang kita panggil mangkir sampai tiga kali,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here