Daerah Jaga Sinergitas Koordinasi Dengan BPK

0
68
PAREPARE—Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH menghadiri acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan, yang berlangsung di Auditorium Kantor Perwakilan BPK Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin (23/1/2017).
Sertijab yang dihadiri langsung Wakil Gubernur Sulsel, mewakili Gubernur Sulsel, H Agus Arifin Nu’mang, juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sulsel, HM Roem, jajaran Muspida Provinsi Sulsel, para Kepala Perwakilan BPK Se-Indonesia Timur serta para Bupati dan Walikota Se-Sulawesi Selatan.
Pejabat lama Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel Andi Kangkung Lologau memasuki masa purna bakti, berkarir selama 33 tahun 10 bulan di BPK. Sementara penggantinya, Endang Tuti Kardiani sebelumnya menjabat Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Utara. Sertijab ini juga disaksikan Anggota VI BPK RI, Baharullah Akbar.
Taufan melalui Kepala Bagian Humas dan Protokolernya mengatakan,  selama ini hubungan antara Pemerintah Kota Parepare dengan BPK Perwakilan Sulsel  terjalin baik dan harmonis.
“Selama ini, Hubungan Pemkot Parepare dengan BPK tercipta dan terjalin sinergitas. Ini tidak terlepas dari komitmen kami untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih dan akuntabel”, ujar Hamka.
Taufan mengungkapkan, selama ini jajaran Pemerintah Kota Parepare selalu melakukan fungsi koordinasi kepada BPK Perwakilan Makassar.        “Kami selalu melakukan koordinasi dan konsultasi apalagi semasa kepemimpinan Andi Kangkung Lologau. Sehingga dampaknya kita akhirnya meraih WTP atas laporan keuangan daerah”, terangnya.
Ia pun mengharapkan agar sinergitas yang  terjalin dapat terus terjaga di masa kepemimpinan pejabat yang baru ini.
“Kami akan tetap menjaga sinergitas dan hubungan yang baik. Fungsi koordinasi dan konsultasi harus tetap dipertahankan demi mewujudkan komitmen tata kelola pemerintahan kami yang bersih dan akuntabel”, tegasnya.
Agus Arifin Nu’mang dalam sambutannya berharap kepada pejabat baru, agar BPK sebagai badan eksternal audit semakin optimal mengawal pengelolaan keuangan daerah di Sulsel.
“Saya harap pejabat baru banyak membantu dan mengarahkan Pemprov Sulsel, kami berharap senantiasa memberikan bimbingan dan arahan pada Pemerintah Kabupaten/Kota agar menjadi Pemerintahan yang berkinerja dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” harapnya.
Begitu pun, Anggota VI BPK RI, Baharullah Akbar mengharapkan, agar pejabat baru Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel untuk menjalin komunikasi aktif dengan aparat penegak hukum terutama dengan Kejaksaan dan Kepolisian.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here