Masih ada Siswa Sinjai Belajar di Bawah Kolong Rumah

0
85
SINJAI- inilah terjadi kepada siswa siswi yang jumlahnya Sebanyak 54 murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Dusun Bontomanai, Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai, Sulawesi Selatan belajar di bawah kolong rumah warga.
Mereka terpaksa belajar di bawah kolong rumah warga karena di kampung tersebut tak miliki gedung sekolah. Penyebab lainnya juga karena akses ke sekolah negeri cukuk jauh yakni tiga kilometer dari lokasi tersebut.
Sekolah ini dirintis oleh warga kampung setempat bernama Arman (35) dan dibantu oleh warga penduduk kampung setempat.
” Awalnya kami hanya prihatin atas kondisi anak-anak disini karena banyak terlantar tak berpendidikan, ” kata Arman, Rabu (25/1).
Atas kondisi banyaknya anak usia sekolah putus sekolah itulah menyebabkan Arman bersama empat rekannya mendirikan sekolah jarak jauh dari MIS Alhaerat Tahun 2012 lalu.
Siang kemarin, suasana Arman tampak bersemangat mengajar saat ditemui oleh celebes news. Sesekali dia meminta 54 muridnya agar tidak tegang dalam belajar.
” Maaf pak, murid-murid kami tak terbiasa dengan orang asing di kampung ini,” kata Arman.
Belajar dalam kolong rumah yang berdinding tripleks. Sedang untuk membatasi ruang kelas mereka menggunakan tirai sebagai pembeda.
Untungya 54 murid itu mendapat bantuan kursi dan meja dari sekolah induknya MIS Alhaerat yang berada di desa tetangganya.
Sedang spidol untuk dipakai oleh gurunya menerankan kepada muridnya hanya satu biji. Ditambah keterbatasan buku pelajaran.
Di sekolah itu hanya ada poster Presiden Jokowi-JK yang terpajang di dinding tripleks. Dan hanya satu papan tulis. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here