Aliansi Indonesia Tantang Tim Saber Pungli Masuk Kantor BPN Makassar

0
189

MAKASSAR, CNEWS — Ketua Badan Penelitian Aset Negara, Aliansi Indonesia Kota Makassar Ibrahim Anwar mendorong tim saber pungli menjadikan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh oknum pejabat BPN Kabupaten Gowa menjadi pintu masuk menangkap para oknum pejabat BPN lainnya yang memiliki mental bobrok.

“Siapa bilang pegawai atau pejabat BPN itu tidak bisa ditangkap. Kasus OTT di Gowa menjadi bukti dan sekaligus membuka mata masyarakat kalau memang kemungkinan tidak sedikit oknum pejabat BPN yang sering melakukan pungli,” tandas Ibrahim Anwar kepada celebesnews pada, Jumat 24 Februari 2017.

Berang dengan tingkah laku dan oleh oknum pejabat BPN Gowa tersebut, Ibrahim meminta tim saber pungli juga bergerak ke kantor-kantor BPN lainnya di Sulawesi Selatan. “Awasi dan monitoring para pejabat BPN, agar jangan lagi ada masyarakat yang melakukan pengurusan tanah mereka harus menyetorkan sejumlah uang dan
sertifikat tidak terbit-terbit,” ujarnya.

Lanjut disampaikan Ibrahim, pengawasan terhadap pejabat BPN oleh tim saber pungli sudah dirasa dan dipandang sangat perlu untuk membidik pegawai BPN Kota Makassar. Alasannya, karut marut persoalan pertanahan di Kota Makassar sudah pada tingkat memprihatinkan, sehingga tim saber pungli harus masuk ke kantor pertanahan Kota Makassar ini.

“Kami tidak hanya meminta tetapi menantang tim saber pungli masuk ke Kantor BPN Makassar. Awasi dan pantau pejabat di Kantor BPN Makassar. Banyak persoalan pertanahan yang muncul atas ulah dan tingkah laku oknum pejabat BPN yang bobrok.

Revolusi mental yang menjadi cita-cita Bapak Presiden Jokowi harus bisa masuk ke lembaga BPN di daerah. Kasus OTT di Gowa sekaligus menjadi bukti kalau bukan tidak mungkin masih banyak oknum pejabat BPN ‘kotor’  “Bagaimana masyarakat bisa mengurus sertifikat tanah mereka kalau belum apa-apa sudah dimintai sejumlah uang dan jumlahnya tidak main-main. Pungutan-pungutan liar seperti inilah yang harus diberantas, dan kami menanti kerja-kerjai berikutnya tim saber pungli masuk ke kantor BPN Makassar,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here