Dinas Perdagangan, Perindustrian,Koperasi dan UKM Luwu Utara Ancam Bubarkan 65 Koperasi

0
122

LUWU UTARA — Pemkab Lutra melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian,Koperasi dan UKM (PPKUKM) mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI mencabut atau membubarkan 85 Koperasi Lutra dari 259 jumlah Koperasi di Lutra.

“Dari 85 Koperasi diusulkan, baru 65 disetujui Kementerian segera dicabut badan hukumnya. Pengusulan setelah dilakukan verivikas Dinas PPKUMK Lutra,” ungkap Kadis PPKUKM, Muslim Muchtar di ruang kerjanya, Jumat (3/3.2017)

Pertimbangan, Koperasi dicabut badan hukumnya, karena tidak aktif atau tidak pernah lakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dua tahun berturut-turut. Selain itu tidak memiliki kegiatan usaha yang jelas, termasuk pengurus dan pengawas tidak jelas keberadaanya.
Pembubaran Koperasi tidak akif lanjut Muslim, atas intruksi langsung Kementerian Koperasi dan UKM. Pasalnya yang menerbitkan badan hukum, Kementerian sehingga yang berhak mencabut juga kementerian.

”Kami hanya sebatas verifikasi dan mengusulkan sepenuhnya kewenangan Kementrian,”tandasnya Dikatakan, makin menjamurnya Koperasi Lutra disebabkan persyaratan membentuk koperasi terlalu mudah. Hanya berkumpul minimal 20 orang, punya badan usaha dan sudah berjalan tiga bulan, sudah bisa bentuk Koperasi sesuai UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, pungkasnya dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here