LAPOR IBU BUPATI, SDN 154 Layar Putih Malangke Barat Butuh Perhatian, Ruang Belajar Siswa Seperti Gubuk

0
136

LUWU UTARA, CNEWS — Wajah muram masih saja menyelimuti dunia pendidikan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kondisi memprihatinkan itu, menimpa siswa Sekolah Dasar Negeri 154 Layar Putih, Desa Wara, Kecamatan Malakangke Barat, Kabupaten Luwu Utara. Para siswa terpaksa belajar di gubuk tanpa dinding. Yang belajar di gubuk adalah mulai siswa kelas satu hingga kelas enam.

Mereka mengaku tidak nyaman dan tidak bisa konsentrasi saat mengikuti pelajaran. Jika hujan turun, kegiatan belajar-mengajar bahkan tidak jarang rembesan hujan masuk ke dalam ruang belajar siswa.

Di dalam kelas yang berukuran seadanya di sekolah ini dihuni puluhan pelajar. Ruang belajar darurat tersebut memakai papan kayu yang telah lapuk sebagai dinding. Kepala sekolah tersebut, Salah seorang Guru SD Negeri 154 Layar Putih, Ijha menyatakan, sekolahnya terpaksa dengan kondisi seperti ini karena keterbatasan anggaran. Akibatnya, siswa hanya belajar seadannya.

Ijha berharap, pemerintah memberi perhatian agar siswanya tidak terganggu saat proses belajar-mengajar dan bisa seperti siswa-siswa lainnya mendapatkan pendidikan dengan layak.

“Bangunan sementara ini hanya memiliki tiga ruang kelas, kami terpaksa mengatur jadwal belajar siswa dengan bergantian. Murid kelas satu sampai kelas tiga belajar pagi. Sementara kelas empat sampai kelas enam belajar pada siang hari,” kata Ijha. (LAPORAN : FRANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here