Penyelesaian Pedestrian Terbengkalai, Dinas PU Bungkam !!!

0
97

MAKASSAR — Pembangunan pedestrian masih terbengkalai hingga akhir Maret 2017. Tanda-tanda perampungan pembangunan belum nampak.

Ironisnya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar belum memprioritaskan percepatan pembangunan pedestrian. Alih-alih melanjutkan pembangunan pedestrian, Dinas PU Makassar malah akan membangun proyek lain.

Kepala Dinas PU Makassar, Muh Ansar menuturkan, pihaknya menargetkan enam pembangunan dalam waktu dekat. Keenamnya berupa pembangunan jembatan Barukang, Ipal Losari, PK5 Karebosi, PTSP, Mako Brimob (hibah) dan Tribun Hasanuddin (hibah).

Proyek-proyek pembangunan ini bakal melalui proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang berada di Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa (BLPBJ) Pemkot Makassar.

“Ini ditarget masuk ke LPSE besok (hari ini, red). Semua dokumennya harus tuntas hari ini (kemarin, red). Jadi, jangan mi tanya dulu soal pedestrian karena tender juga belum,” kata Ansar, Kamis (30/3/2017).
Ansar enggan dikonfirmasi soal pembangunan pedestrian yang berada di Jl Nusantara, Jl Nusantara Baru dan Jl Ujung Pandang yang belum rampung tersebut.

Pasalnya, kelanjutan pembangunan juga melalui proses tender. Kendati demikian, dia mengaku, proses pembangunan pedestrian sudah sesuai dengan yang tertera dalam kontrak pekerjaan.

“Pekerjaan sesuai kontrak. finishing belum karena ketersediaan waktu,” katanya.

Sebelumnya, Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Makassar, Darlis menuturkan, pekerjaan tuntas secara nilai kontrak. Pekerjaan pedestrian yang tampak saat ini sesuai dengan kontrak atau Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Sebenarnya sesuai kontrak sudah selesai, meski di lapangan kelihatannya belum rampung,” aku Darlis.

Dia menjelaskan, total anggaran pekerjaan pedestrian mencapai Rp50 miliar. Namun, Dinas PU Makassar baru menganggarkan sekitar Rp28 miliar pada tahun lalu.

Sisanya, Rp22 miliar akan dianggarkan 2017 ini untuk merampungkan pekerjaan pedestrian. “Perampungannya mencakup lampu penerangan hingga sarana tempat duduk,” jelas Darlis.

Lanjutnya, pembangunan pedestrian lanjutan segera dilaksanakan. Dinas PU Makassar menargetkan pengerjaan fisik pada Mei 2017 mendatang. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here