Pelindo IV Optimis Rampungkan CY Pelabuhan Tarakan Desember 2017

0
104

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) terus berbenah, antara lain dengan melengkapi fasilitas Pelabuhan Malundung di Tarakan yang merupakan pintu gerbang perekonomian Kalimantan Utara (Kaltara).

Pts General Manager PT Pelindo IV Cabang Tarakan, Edi Heriyanto mengatakan sebagai pengelola 24 pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI), Pelabuhan Malundung tidak luput dari upaya pembenahan yang dilakukan pihaknya.

“Menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp130 miliar, Perseroan berinvestasi dengan membangun Container Yard (CY) atau lapangan penumpukkan petikemas seluas 2,14 hektare,” kata Edi.

Hingga Februari 2017, progress pembangunannya sudah mencapai 30,33% dengan penyerapan anggaran sebesar Rp34,04 miliar. Diharapkan, akhir Desember nanti pembangunannya rampung 100%.

Pelabuhan Malundung yang terletak di Kota Tarakan merupakan salah satu dari 24 pelabuhan kelolaan Pelindo IV, yang menghubungkan Kota Tarakan dengan kota pelabuhan lain di Indonesia dan Malaysia. Contohnya, dengan Kota Balikpapan bisa menggunakan KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu. Juga dengan Kota Nunukan, Parepare, Pantoloan (Palu), Tolitoli, Kupang, Surabaya dan kota-kota lainnya.

Selain Pelabuhan Malundang, di Kota Tarakan juga terdapat tiga pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Tengkayu I (untuk speed boat ke wilayah Kalimantan Utara lainnya); Pelabuhan Tengkayu II (untuk bongkar muat barang); dan Pelabuhan Juwata Laut (untuk penyeberangan Ferry).

Pelabuhan Tengkayu I dan II berlokasi di Kecamatan Tarakan Barat; sedangkan Pelabuhan Juwata Laut di Kecamatan Tarakan Utara.

Pelabuhan Malundang sendiri beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kota Tarakan dan berada di wilayah Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan yang oleh Pemerintah dijadikan proyek Tol Laut, untuk menghubungkan dengan beberapa pelabuhan yang ada di Indonesia. (IST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here