Pelindo IV Minta Dukungan Pemda Dorong Ekspor Langsung

0
67

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung meminta dukungan pemerintah daerah untuk mendorong ekspor langsung ke luar negeri.

Dukungan yang dimaksud adalah agar Pemda memberikan kemudahan pengurusan dokumen seperti Bea Cukai dan lain yang saling berkaitan, kata Doso dalam rapat kerja di gedung PT Pelindo IV, Kota Makassar, Rabu 5 April 2017.

Dalam rapat tersebut, Pelindo IV mengundang para mitra dan delapan gubernur yang ada di wilayah kelolaan, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Maluku, Papua dan Gubernur Papua Barat.

Mantan Direktur Utama Pelindo II ini mengatakan pariwisata yang cukup besar yang dimiliki Sulawesi Utara bisa dikoneksikan dengan Sulawesi Selatan dengan memanfaatkan pintu masuk melalui pelabuhan.

Begitu pun dengan rencana Pemprov Sulawesi Utara yang akan membuka ekspor dari Bitung ke Davao, Filipina.

Menurut dia, Pelindo IV siap mendukung rencana tersebut karena sejalan dengan apa yang selama ini gencar dilakukan dalam menggalakkan ekspor langsung ke negara tujuan melalui pelabuhan yang dikelola Pelindo IV, tanpa harus melalui Surabaya atau Jakarta.

Selain itu, dukungan pemda berupa membuat aturan untuk mewajibkan para pengusaha di masing-masing daerah agar mengekspor langsung melalui pelabuhan masing-masing.

Doso menambahkan dengan mengundang delapan gubernur itu menjadi bukti bahwa selama ini hubungan Pelindo IV dengan para stakeholder utamanya Pemda cukup harmonis.

Sementara Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam memaparkan tentang Kendari New Port yang dilaksanakan proses pembangunan Pelindo IV.

Dia meminta Pelindo IV segera mengoperasikan pelabuhan baru di Kendari itu.

Bahkan Nur Alam mengajak semua pihak untuk sama-sama ikut membangun wilayah masing-masing, dengan tidak membiarkan Pelindo IV berjuang sendiri.

Dia berharap Kendari New Port bisa menjadi simpul ekspor langsung. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here