Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Luwu Utara, Misbah : Dana ADD Siap Cair, Asal Kades Cepat Masukan Laporan !!!

0
98

LUWU UTARA, CNEWS — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Luwu Utara, Misbah meminta kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Luwu Utara menyeselesaikan laporan mereka dengan cepat, agar bisa mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD).

Menurut Misbah, dana ADD saat ini sudah siap untuk dicairkan. Namun, salah satu menjadi persyaratan pencairan dana tersebut kepada desa harus memasukan laporan mereka. “Kami berharap kepala desa cepat menyelesaikan laporannya. Kita sudah beri kelonggaran perpanjangan sampai 31 Maret. Jadi, kali ini semua kepala desa untuk segera menuntaskan laporannya untuk di esistensi,” kata Misbah kepada media, Selasa (11/4/2017).

Lebih lanjut dikatakan Misbah, sejumlah persoalan yang muncul terkait pencairan dana ADD, dominan penyebabnya adalah keterlambatan kepala desa menyetor APBDes. Selain itu, terdapat beberapa rekening desa yang tidak sinkron dengan APBDes sehingga harus dibuka rekening baru.

“Pada dasarnya untuk saat ini ADD sudah bisa dicairkan. Hanya saja, masih banyak desa belum selasai esistensi laporannya. Sedangkan untuk Dana Desa (DD) prosedurnya mengalami perubahan saat ini, harus melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Palopo, sesuai hasil Rakor. Namun itu hanya prosedur, dan persyaratan tetap saja sama seperti tahun lalu,” ungkapnya.

Menurut Misbah, dalam penyusunan APBDes, pihaknya mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 9 tahun 2017, tentang pedoman penyusunan APBDes yang dibuat dalam bentuk manual. Kemudian kita masukan di aplikasi Siskeudes (sistem informasi keuangan desa) untuk dilaporkan secara online,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Seksi Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Luwu Utara, Nirwati Baso, di Kabupaten Luwu Utara saat ini, masih ada sekitar 93 desa belum selesai esistensi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) untuk pencairan ADD tahap I tahun 2017.

Oleh karena itu, kepala desa yang belum memasukan laporan, agar segera memasukkan datanya, supaya bisa dilakukan esistensi laporan pertanggungjawaban baik dana desa tahap II dua, maupun ADD triwulan IV tahun 2016 demi pencairan dana untuk tahun 2017.

Sekadar diketahui, saat ini baru satu kecamatan yang semua desanya telah selasai esistensi dan siap dicairkan dananya, yakni Kecamatan Malangke Barat dari 12 Kecamatan yang ada di Luwu Utara. (LAPORAN : FRANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here