Walikota, Danny Hadirkan Ambulans Laut Bagi Masyarakat Pulau

0
89
MAKASSAR – Kini ada ambulans laut bagi masyarakat pulau di Makassar. Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mewujudkan pelayanan publik maksimal dan merata bukanlah isapan jempol semata. Terbukti, pada Selasa, (23/5), Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto secara resmi meluncurkan salah satu bentuk layanan di bidang kesehatan publik khusus untuk masyarakat yang bermukim di Pulau. Yakni satu unit ambulans laut. Ambulans laut yang menggunakan speed boat ini tentu memiliki kecepatan yang tinggi.
Hal ini penting terutama untuk keperluan pengangkutan pasien rujukan, darurat dari pulau yang hendak mendapatkan layanan Rumah Sakit di daratan Makassar. Sebenarnya, beberapa pulau di Makassar terdapat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan fasilitas rawat inap bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

Namun demikian, kehadiran ambulans laut ini tentu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan perawatan serius di rumah sakit di Kota Makassar. “Walau baru tersedia satu unit, ambulans ini bisa menjadi solusi pada situasi darurat. Terutama saat masyarakat pulau harus segera dirujuk ke pusat kota untuk memperoleh perawatan yang lebih lengkap,” kata Wali Kota Danny.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Naisya Tun Azikin menyebutkan ambulance laut yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan memadai ini akan disiagakan 24 jam. “Meski baru satu, ambulans laut ini disiapkan untuk membantu Puskesmas dan melayani seluruh pulau di Makassar,” ucap Kadis Naisya
Selain menjadi angkutan masyarakat yang sedang sakit, ambulans laut juga telah dilengkapi dengan beragam peralatan penunjang kesehatan. Seperti alat standar kesehatan, Tele-EKG dan Telemedicine, dan juga dokter. Naisya optimis dengan hadirnya ambulans tersebut sangat bisa diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama dan perawatan kepada pasien. Tak kalah menariknya karena ambulans laut ini juga sudah bisa melayani ibu hamil mulai dari pemeriksaan hingga proses persalinan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here