Pedagang Mainkan Harga, TP Punya Aplikasi Data Harga Sembako

0
73
PAREPARE—-Jangan coba coba mainkan harga sembilan bahan pokok (Sembako) di Pasar pasar tradisional di Wilayah Kota Parepare.  Wali Kota Parepare H.M Taufan Pawe turun memantau kondisi harga Sembako di Pasar Sentral Lakessi, Kota Parepare, Kamis, (25/5) pagi tadi.
Meski bertepatan dengan hari libur Nasional, Taufan Pawe didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan sidak pada sejumlah harga sembako, seperti harga daging sapi, ayam, telur, ikan, cabe, bawang merah, gula pasir, dan sejumlah bahan pokok lainnya.
Sidak tersebut dilakukan mengingat kondisi harga jelang Ramadhan terkadang mengalami kenaikan, karena diikuti laju permintaan yang meningkat signifikan sehingga pihaknya ingin memastikan kondisi harga dipasaran Normal, dari sidak yang dilakukan, Taufan menilai harga dan ketersediaan sembako di Kota Parepare masih stabil, aman dan terkendali.
          “Saya dengan jajaran saya turun memantau langsung melihat situasi dan keadaan ketersediaan pangan dan harganya menjelang Ramadhan, karena biarpun bagamaina Parepare bisa dikatakan percontohan  karena kemampuan daerah dalam mengendalikan laju inflasi,” ujar Taufan Pawe kepada media.
Saat memantau harga dan ketersediaan Sembako, Taufan tidak dengan tangan kosong, namun Kepala Daerah satu-satunya di Sulsel yang telah diundang Bank Indonesia ini dalam kegiatan Economic Leadership for Regional Goverment Leader Bank Indonesia (BI). Ia bisa membandingkan harga pasar melalui aplikasi Sigap Sulsel di handphone miliknya.
“Semua data-data harga Sembako ada di aplikasi ini. Melalui aplikasi Sigap Sulsel ini, kita bisa memantau pergerakan naik turunnya harga sembako dari waktu ke waktu. Contoh di aplikasi ini tertera harga cabe merah pertanggal 25 mei 2017 di Kota Parepare Rp 20 ribu per kilo dan pada saat saya tanyakan tadi, ternyata memang sama,” terang Walikota Parepare ini sambil memperlihatkan kecanggihan aplikasi ‘Sigap Sulsel’ di Salah satu aplikasi di Hp miliknya.
Diharapkannya semoga kondisi harga bisa terkendali, selama Ramadhan, dengan Potensi Inflasi Kita bisa di bawah 3%. Adapun Kebutuhan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan, hingga akhir Ramadhan nanti antaranya, daging sapi, ayam dan telur, tapi sampai sekarang ini masih sangat terkendali,” Ungkap Walikota pertama kelahiran Parepare ini. (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here