Ramadan, Pelindo IV Tingkatkan Pelayanan di Pelabuhan Makassar

0
94
MAKSSAR – Ramadan, Pelindo IV tingkatkan layanan di Pelabuhan Makassar. Berbagai persiapan menjelang Ramadan turut dilakukan PT Pelindo IV. Selaku pengelola Pelabuhan Makassar, PT Pelindo IV berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan pada masyarakat.
Pembenahan sejumlah infrastruktur mulai dilakukan sebelum memasuki Ramadan. Salah satunya, terminal penumpang baru yang kini sudah mampu menampung sekitar 4.000 penumpang. “Terminal penumpang yang telah direnovasi itu sudah berstandar internasional, dilengkapi garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu terminal penumpang dengan pintu masuk ke kapal,” kata General Manager PT Pelindo IV Aris Tunru, Jumat 26 Mei 2017.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di terminal penumpang yaitu adanya travelator, connecting bridge, dan beberapa fasilitas kenyamanan lainnya. Sebelum direnovasi, kata Aris, terminal penumpang di Pelabuhan Makassar hanya mampu menampung sekitar 800 hingga 1.000 penumpang. Penataan arus penumpang untuk keberangkatan dan kedatangan juga telah dilakukan PT Pelindo IV. “Dalam hal kenyamanan dan keindahan penataan pelabuhan, kami juga sudah melakukan relokasi terhadap para pedagang kaki lima (PKL),” tambahnya.

Aris menyebutkan, ada sekitar 89 lods yang sudah disediakan di gedung baru untuk para PKL di Pelabuhan Makassar Sementara itu, dari sisi keamanan PT Pelindo IV memasang CCTV di 20 titik di terminal 1, dan 16 titik di terminal 2. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal yang kerap kali terjadi di puncak arus mudik.
“Kami juga bekerja sama aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dan Lantamal,” ungkap Aris. Rencananya, dalam waktu dekat ini akan dilakukan pemasangan alat x-ray di Pelabuhan Makassar. Aris berharap dengan dilakukannya sejumlah pembenahan sarana dan prasarana ini, penumpang kedatangan maupun keberangkatan di Pelabuhan Makassar bisa merasa lebih nyaman dan aman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here