Kejari Sinjai Rilis Selamatkan Uang Negara Rp 2,34 Miliar

0
137

SINJAI, CNEWS- Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai sepanjang tahun 2017 perbulan Juli, berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp. 2,34 milIar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai Muhammad Sumartono, SH, MH. Saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (13/07/2017).

”Jumlah tersebut berasal dari penyelamatan pemulihan keuangan negara tahap penyidikan sebesar Rp. 580 juta dan tahap penuntutan sebesar Rp. 83.843.700 , sedangkan penyelamatan pemulihan keuangan negara melalui bidang Perdata 2 perkara antara lain penyelamatan keuangan negara 1 perkara Rp. 677.750000 serta perkara yang lain sebesar Rp.1 milyar rupiah “, ungkapnya.

Selain itu Sumartono juga merilis capaian kinerja tahun 2017 ke Celebesnews.com dalam rangka menyambut Hari Adiyaksa ke 57, terkait penanganan perkara yang saat ini telah dikerjakan.

” adapun penanganan perkara tindak pidana khusus (Pidsus) sebanyak 3 perkara dan penanganan tindak pidana umum (pidum) SPDP sebanyak 182 perkara, diantaranya penanganan Surat pemberitahuan P21 persidangan tuntutan 162 perkara serta jumlah perkara penting yakni, narkotika 39 perkara, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) 19 perkara, kekerasan anak 35 perkara, serta kekerasan dan pembunuhan sebanyak 13 perkara “,tambahnya.

Lebih lanjut Sumartono menyebutkan kasus korupsi tetap menjadi prioritas kajari dengan mengedepankan kepada penegakan hukum dari segi preventif dan persuasif dalam mencegah dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

” walaupun tetap ada tindakan Represif tapi kami lbh mengedepankan tindakan preventif dan persuasif dengan tujuan bagaimana caranya agar dalam setiap tindakan, mencegah adanya kerugian negara “, kuncinya.

Guna memperkenalkan peran dan fungsi kejaksaan kepada masyarakat Sinjai, Kajari Sinjai pada tahun ini  juga giat melakukan sosialisasi program Jaksa menyapa yaitu Jaksa Masuk Sekolah (JMS), dan Jaksa Menyapa melalui Program  Radio Suara Bersatu serta melalui Program Sinjai TV dan TP4D atau Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah. (LAPORAN : ADI PESTA IRAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here