Pelindo IV Kembali Gelar Program “BUMN Hadir untuk Negeri”

0
79

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali menjadi host program Kementerian BUMN, “BUMN Hadir untuk Negeri” yang tahun ini mengambil lokasi di Sorong, Papua Barat.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan dalam program yang hadir setiap tahun dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI ini, pihaknya bersama dua BUMN lainnya, yaitu PT ASABRI (Persero) dan Perum Perhutani yang menjadi co host.

 Doso Agung menuturkan, dalam BUMN Hadir untuk Negeri tahun ini pihaknya menyiapkan empat kegiatan, yaitu Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti, Jalan Sehat dengan menyasar sekitar 1.000 peserta, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan Bedah Rumah Veteran.

“Untuk Siswa Mengenal Nusantara dan Bedah Rumah Veteran, kegiatannya saat ini sedang berlangsung, bahkan sudah sejak Januari 2017. Dan pada 24 Juli nanti, sebanyak 21 orang SMN dari Papua Barat yaitu Sorong, Manokwari dan Fakfak akan berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan. Berikutnya, 20 SMN dari Sulsel akan ke Sorong pada 25 Juli 2017,” jelas Doso Agung.

Masing-masing SMN yang terdiri dari Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri tersebut akan melakukan pertukaran budaya. SMN dari Sulsel akan belajar tentang budaya Papua Barat, lingkungan serta kehidupan masyarakat setempat. Begitu juga sebaliknya, SMN dari Sorong akan mempelajari budaya, lingkungan serta kehidupan masyarakat di Sulsel.

Secara umum, tujuan diadakannya SMN adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintah dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Terkait dengan “Bedah Rumah Veteran”, kegiatannya juga tengah berlangsung. Dari total 20 unit rumah veteran di Sorong yang akan dibedah, empat unit rumah sudah selesai, tinggal 16 unit rumah lagi yang saat ini masih dalam tahap survei.

“Kategori untuk “Bedah Rumah Veteran” adalah rumah milik veteran yang tidak layak huni, dengan bantuan senilai Rp40 juta per unit rumah, yang secara simbolis bantuannya akan diserahkan pada puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI nanti.”

Adapun, tujuan “Bedah Rumah Veteran” adalah, untuk mewujudkan rasa penghargaan BUMN kepada para veteran atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Sementara untuk “Jalan Sehat”, menyasar sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan keluarga BUMN. Rencananya juga akan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama yang selama ini telah menjadi binaan BUMN dan pedagang daerah setempat, untuk membuka stand kuliner gratis di sekitar lokasi kegiatan.

Doso Agung menyebutkan, tahun ini total anggaran “BUMN Hadir untuk Negeri” yang kegiatannya dilakukan oleh Pelindo IV menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp2,8 miliar. Hal itu disebabkan jumlah kegiatan yang dilakukan juga berkurang pada tahun ini.

“Total anggaran “BUMN Hadir untuk Negeri” tahun ini hanya Rp1,7 miliar karena cuma empat kegiatan yang dilakukan, yaitu Upacara HUT Kemerdekaan RI, Jalan Sehat, Siswa Mengenal Nusantara dan Bedah Rumah Veteran,” tukas Doso Agung. (ist)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here