Dinas PU Luwu Utara Undang Warga Tujuh Desa Sosialisasikan Rencana Pembangunan Jaringan Irigasi

0
173

LUWU UTARA, CNEWS — Jaringan irigasi berperan penting bagi keberlangsungan program pertanian di Luwu Utara, mengingat infrastruktur itu memiliki fungsi untuk mendistribusikan air yang berasal dari sumber-sumber air bagi lahan pertanian yang dikelola oleh masyarakat. Sehingga dengan adanya jaringan irigasi maka kebutuhan air untuk sawah dan ladang petani akan tetap terjamin, serta mampu mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Luwu Utara segera melaksanakan pembangunan jaringan irigasi di beberapa desa kecamatan Malangke, yang memang secara tradisional merupakan daerah penyuplai kebutuhan pangan di daerah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Luwu Utara, Ir Suaib Mansyur menyebutkan, bahwa pihaknya akan segera membangun irigasi demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya melakukan pertemuan dengan warga yang rencananya akan terkeda dampak pembangunan irigasi tersebut sebanyak tujuh desa, seperti warga yang berasal dari Desa Tolada, Desa Takalalla, Desa Salekoe, Desa Tingkara, Desa Polewali, Desa Tingkara dan Desa Malangke.

Lebih lanjut, Suaib Mansyur menjelaskan, bahwa dengan mewujudkan infrastruktur ke PU-an yang memenuhi standar kualitas dan kuantitas, maka proses menuju Luwu Utara yang mandiri akan dapat tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Irigasi sebagai sebuah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air menunjang program kegiatan pertanian dan perkebunan warga,” ujarnya.

Sementara itu, warga memberi apresiasi terhadap rencana pembangunan irigasi tersebut. Warga meminta pembangunan irigasi ini bisa cepat terealisasi sehingga pertanian dan perkebunan warga pada desa yang terkena dampak pembangunan irigasi bisa jauh lebih baik kedepan.     (LAPORAN : SAMSIR DARI LUWU UTARA, SULAWESI SELATAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here