Aktivisi Lingkungan Soroti Abrasi Pantai Losari Mulai Mengkhawatirkan !!!

0
221

MAKASSAR, CNEWS — Kondisi bibir Pantai Losari yang kian tergerus oleh terjangan gelombang laut mulai mengkhawatirkan, terlihat beberapa titik tanggul penahan ombat mulai rapuh akibat abrasi yang sudah berlangsung sekian lama.

Warga berharap pemerintah Kota Makassar segera melakukan pemasangan batu grate, sehingga nyawa penduduk kota tak terancam oleh sapuan gelombang laut yang sewaktu-waktu dapat menghempas hingga semakin memperparah tanggul penahan ombak.

Kondisi Pantai Losari yang mulai terkena abrasi memang untuk saat ini belum memasuki kategori sangat mengkhatirkan. Namun, bila tidak segera mendapat perhatian bukan tidak mungkin kedepan ini akan menjadi ancaman serius akibat gerusan gelombang laut yang terus menghantam tanggul di sepanjang pantai ini.

Aktivis lingkungan Muhammad Yusran kepada Celebesnews, Senin 14 Agustus 2017 mengungkapkan, penyebab abrasi umumnya terjadi akibat ada¬≠nya pasang surut air laut, bisa juga karena adanya angin di atas lautan yang menghasilkan gelombang serta arus laut yang berkekuatan merusak. “Mari BIJAK memahami sebelum gagal faham,” tandas Yusran.

Selain itu, menurut Yusran, pengikisan biasanya menyebabkan berkurangnya cakupan daerah pantai yang di mulai dari daratan yang paling dekat dengan air laut, karena menjadi sasaran pertama terjadinya pengikisan.

Dampak yang diakibatkan abrasi pantai sangatlah buruk bagi kehidupan manusia dan alam itu sendiri. Dan jika dibiarkan, daya destruktifnya bisa semakin merusak dan merugikan banyak pihak.

Oleh karena itu, ditambahkan oleh Yusran, abrasi yang terjadi pada beberapa titik di bibir pinggiran tanggul penahan ombak Pantai Losari mesti membuka mata semua pihak agar kondisi yang ada semakin tidak diperparah oleh terjangan ombak dan angin. “Kami harapkan pihak-pihak terkait untuk membuka mata adanya abrasi yang mulai terjadi pada beberapa titik di pinggiran tanggul Pantai Losari,” tutupnya¬† (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here