Jelang Pilkada, Polres Luwu Utara Gelar Pelatihan Tactical Floor Game

0
110

LUWU UTARA, CNEWS — Polres Luwu Utara mengelar pelatihan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka meningkatkan kesiapan Polri yang Promoter untuk mengamanakan FPilkada serentak tahun 2018, pada, Minggu (28/1/2018).

Kegiatan ini diadakan di Aula Polres Luwu Utara dihadiri langsung oleh Kapolres Luwu Utara AKBP Boy F.S Samola S.IK,MH dan Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Lutra, Panwas Kabupaten Lutra, KPUD Lutra dan TNI 1403 Sawerigading.

Kapolres Luwu Utara, Boy F.S Samola membuka Pelatihan TFG (Tactical Floor Game) ini, dan memberikan arahannya bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelatihan langsung.

Tak hanya itu dilaksanakan juga simulasi juga, dengan menggunakan miniatur seperti aslinya disertai skenario kegiatan yang menggunakan peralatan miniatur dan selanjutnya diperagakan langsung oleh para petugas dilapangan.

“Pihak Kepolisian sebagai penanggung jawab pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu Kada, harus merencanakan pengamanan sedemikian rupa untuk mencegah dan mengantisipasi segala potensi kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran pesta Demokrasi ini,”ujarnya.

Ditambahkan, Kapolres, TFG dilaksanakan sebagai gambaran awal terhadap situasi di Lutra yang harus membutuhkan penanganan khusus.

“Pelatihan TFG ini dilakukan untuk memberikan gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan personil dalam pengamanan Pilkada di lapangan nantinya,” terangnya.

Lanjut Kapolres menjelaskan, Latihan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat aksi unjuk rasa saat Pilkada, dan terkait dengan rencana pelaksanaan pengamanan yang akan dilakukan Polres Lutra dalam waktu dekat ini.

Tactical Floor Game juga dilakukan agar personel yang melaksanakan tugas pengamanan apapun bentuknya tidak salah dalam menempatkan diri, baik itu yang melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup semuanya harus sesuai dengan prosedur tetap.

“Tactical floor game bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dislokasi personel, kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan,” jelas Ardiansyah.

Dengan dilaksanakannya Tactical Floor Games ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Personel dalam mengamankan sesuatu kegiatan yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi dalam pilkada serentak 2018. (LAPORAN : SAMSIR BIRO CELEBESNEWS LUWU UTARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here