Jadi Tersangka Kasus ADD, Kepala Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja Soppeng Ini Dijebloskan ke Penjara

2
259

MAKASSAR —- Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan penahanan terhadap Penjabat Kepala Desa (Kades) Pattojo, Kecamatan Liliriaja, Soppeng.

A Maningo Rahmat ditahan setelah ditetapkan menjadi tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel – Barat (Sulselbar), Salahuddin membenarkan, penahanan terhadap tersangka.

“Tersangka ditahan oleh penyidik Kejari Soppeng pada Rumah Tahanan (Rutan) Klas II Soppeng setelah mempertimbangkan syarat materil dan formil berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku,” kata Salahuddin, saat memberikan keterangan di Makassar, Kamis (13/9).

Tersangka yang diketahui menjabat sebagai fungsionalis balai, pada bagian Ekonomi dan Pengelolaan Sumbar Daya Air (PSDA) Setda Soppeng ditahan pada Rabu (12/9) kemarin.

Dalam kasus yang merugikan negara cukup besar itu disebutkan, tersangka bertindak sebagai Kepala Desa, dengan menyalahgunakan ADD Soppeng Tahun Anggara 2016, yang bukan atau tidak sesuai peruntukannya.

Meski belum menyebut nominal atau taksiran kerugian negara dalam kasus itu, penyidik sementara melalukan audit hasil perhitungan kerugian sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

“Selain itu penahanan juga dilakukan atas pertimbangan non yuridis yakni agar kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum dapat dipulihkan,” pungkas Salahuddin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here