Andi Syamsuddin Pengusaha Muda Asal Majauleng, Kabupaten Wajo Bangun Usaha dari Nol

0
300

Sukses di usia muda merupakan dambaan semua orang. Terlebih jika sukses yang diraih karena usaha sendiri ketimbang bekerja dengan orang lain. Menjadi pengusaha muda memang membutukan effort yang tidak sedikit. Di saat anak muda kebanyakan memilih untuk bersenang-senang, pengusaha muda sudah berkutat dengan berbagai ide dan mencari peluang untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan banyak orang.

Tujuan mereka membangun sebuah bisnis pun bermacam-macam. Ada yang memang sudah memiliki ketertarikan di bidang bisnis, menekuni hobi yang disukai, hingga menambah penghasilan karena menjadi pegawai dirasa tidak cukup. Banyak juga dari mereka yang membangun bisnis dari nol. Bisnis pun dibangun dengan semangat dan sikap pantang menyerah.

Salah satunya pria asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan Andi Syamsuddin, mengatakan tidak mudah memang membangun bisnis dari nol. Mulai dari merencanakan bisnis apa yang akan ia digeluti, berkutat dengan pemberian merek, menghitung perkiraan modal, dan lain sebagainya. Bisnis yang dimulai dari nol bisa menjadi sukses apabila dilakukan dengan semangat, kerja keras, dan selalu melahirkan inovasi-inovasi terhadap produknya agar mampu bersaing di pasaran dan mencapai target sasaran.

Bagi Andi Syamsuddin, menjadi pengusaha muda yang sukses membutuhkan perjuangan yang tidak pendek. Berbagai cara dilakukan demi sukses meraih apa yang diharapkan. Beberapa perbedaan antara anak muda biasa dan anak muda yang telah menjadi pengusaha adalah sikap kerja keras dan mempunyai tujuan ke depan. Pada umumnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pengusaha muda, namun semuanya butuh usaha dan kerja keras.

Andi Syamsuddin tidak mudah patah arang, berangkat dari nol, ia berusaha membangun usaha kecil-kecilan hingga kemudian mendirikan sebuah perusahaan.

Dikatakannya, pengusaha muda yang sukses siap menghadapi segala risiko yang akan dihadapinya, bahkan kegagalan sekalipun. Ia berani mengambil risiko atas keputusan yang telah dibuatnya dan mengambil pelajaran dari setiap kegagalan atau jatuh bangun yang dialaminya.

Bisnis yang sukses harus dilapisi dengan inovasi-inovasi yang berbeda dari sebelumnya. Melihat peluang dari setiap perkembangan zaman merupakan salah satu cara untuk menghasilkan inovasi baru.

Masih banyak cara lainnya yang diperlukan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Sikap ulet, disiplin, dan pantang menyerah merupakan sikap yang juga perlu dimiliki agar bisa menjadi pengusaha sukses.

Menjadi sukses tidak mengenal batas usia, anak muda sekali pun jika mampu melihat peluang dan selalu berinovasi, bukan tidak mungkin banyak ide-ide yang lahir dari pemikirannya. Kini, Andi Syamsuddin mengelola sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konveksi dan pengadaan seragam pakaian anak sekolah. Semoga bisa memberi inspirasi dan mendorong semangat para anak muda untuk bangkit dan jadi mandiri. ( LAPORAN : AMIN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here