Puluhan Tahun Kondisi Jalan Rusak Parah, Warga Desa Buangin Luwu Utara Minta Bupati Tidak Tutup Mata

0
90

LUWU UTARA, CNEWS — Masyarakat Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara masih belum bisa merasakan perhatian pemerintah daerah Luwu Utara. Beberapa kondisi jalan di dusun Desa ini masih belum tersentuh perbaikan sama sekali. Dua tahun lebih bupati menjabat saat ini janji-janji untuk melakukan pemerataan pembangunan masih sebatas isapan jempol, setidaknya itulah yang dirasakan oleh warga Desa Buangin.

Bila sejumlah wilayah betul-betul mendapat perhatian pemerintah Luwu Utara dalam hal perbaikan infrastruktu, terutara yang berada di seputaran pusat-pusat kantor pemerintahan, namun jauh berbeda yang kelihatan kondisi wilayah di beberapa dusun di Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan ini.

Bupati melalui instansi terkait harusnya peka dan lebih rutin turun ke desa-desa terpencil, sehingga bisa melihat langsung seperti apa kondisi pembangunan dan sentuhan infrastruktur di daerah tersebut. Di beberapa dusun di Desa Buangin, alih-alih warga bisa merasakan pemerataan pembangunan terutama perbaikan jalan, di daerah ini pun patut dipertanyakan seberapa jauh bupati dan para wakil rakyat mengetahui dan mengenal lebih dekat Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Miris, setidaknya itulah yang menjadi gambaran sejumlah ruas jalan yang selama ini menjadi akses masyarakat dalam beraktivitas. Beberapa ruas jalan menjadi akses transportasi warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik untuk akses menjual hasil perkebunan dan pertanian hingga mendukung aktivitas perekonomian masyarakat setempat.

Sekian puluh tahun warga tidak bisa berbuat apa-apa dan terbilang cukup pasrah. Warga berharap, Bupati Luwu Utara mau peduli pada daerah ini dan memperbaiki sejumlah kondisi jalan yang memprihatinkan di beberapa dusun di Desa Buangin.

Beberapa ruas jalan yang kondisinya memprihantikan seperti akses menuju Dusun Rante Bone, Pangkorak dan Dusun Tobebusuk. Ini terparah dan butuh segera perbaikan pengaspalan.

Ketua Forum Komunikasi LSM Pers Luwu Utara, Almarwan mengkritisi kinerja Dinas Pekerjaan Umum selaku instansi paling bersentuhan dan bertanggung jawab dengan perbaikan infrstrukr jalan.

Almarwan mendesak Kepala Dinas Pekerjaan Umum untuk segera meninjau dan turun ke lapangan dengan adanya keluhan dari masyarakat seperti ini. “Ini sudah nyata dan jelas keluhan dari masyarakat, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Luwu Utara harus turun ke Desa Buangin, tidak boleh asal menerima laporan dan asal bapak senan. Masyarakat sekarang berteriak butuh perbaikan jalan, dan harus segera di respon,” katanya.

Demikian pula disampaikan Sekretaris LSM Pers, Samsir, akan memonitoring keluhan masyarakat Desa Buangin, dan berharap Bupati melalui instansi terkait tidak tutup mata dengan adanya keluhan dari masyarakat seperti ini. “Kami harapkan akan ada tindakan dari Bupati untuk memperhatian kondisi jalan di sejumlah dusun di Desa Buangin. Puluhan tahun warga tidak pernah merasakan seperti apa jalan yang diaspal itu. Ini juga semata-mata dalam rangka mendorong pendapatan perekonomian masyarakat dengan adanya perbaikan jalan,” pungkasnya. ( LAPORAN: SAMSIR JURNALIS CELEBES NEWS LUWU UTARA )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here