Camat Sabbang Selatan, Fatmawati : Penanganan Infrastruktur Dominasi Usulan Musrembang

0
74

LUWU UTARA, CNEWS — Pembangunan fasilitas jalan dan infrastruktur pertanian merupakan skala prioritas teratas yang diaspirasikan peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada hampir seluruh desa di Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Dalam Musrenbang, warga menyampaikan agar pembangunan jalan dan saluran irigasi di sawah menjadi perhatian utama. Camat Sabbang Selatan, Fatmawati, B. S, STP didampingi para aparatur desa di hadapan masyarakat mengatakan, Musrenbang yang dilakukan di ini dominan usulan perbaikan infrastruktur pertanian dan juga perbaikan jalan bagi warga, jalan antar desa serta jalan menuju sentra – sentra pertanian.

“Masyarakat juga berharap perbaikan jaringan irigasi dan harapkan bantuan sektor pertanian serta jamban dan lainnya,” kata Camat Fatmawati, Kamis (31/01/2019).

Musrenbang desa ini guna melihat dan mendengar segala aspirasi masyarakat untuk dipelajari, dicermati untuk dituangkan dalam pembahasan di musrenbang tingkat kecamatan nantinya. Kita bisa berdialog seputar permasalahan bidang pertanian, seperti bantuan-bantuan pemerintahan, penyuluhan pertanian. Kita bisa mendiskusikannya dalam pertemuan ini, guna dibahas dalam musrenbang tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten nantinya,” papar Camat Fatmawati.

Dijelaskannya, merealisasikan aspirasi memang butuh proses. Tapi dengan bisa bertatap muka dalam kegiatan musrenbang desa maka hal itu akan menjadi modal terjalinnya komunikasi.

Lebih lanjut disampaikan Camat Fatmawati, usulan musrenbang diwilayahnya masih didominasi berbagai kegiatan yang bersifat fisik. namun dia tidak menampik kegiatan non fisik berupa pelatihan pemberdayaan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat, masih menjadi salah satu program musrenbang di kecamatannya.

“Musyawarah tahun ini masih mengusulkan lebih banyak kegiatan fisik, tapi sebenarnya bukan hanya fisik saja, non fisik juga masih diusulkan,” tuturnya.

Lanjutnya , selain pelatihan pemberdayaan ekonomi masyarakat juga termasuk didalamnya pelatihan bagi ASN maupun non ASN yang sasaran utamanya adalah meningkatkan kualitas SDM aparat, guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya.

“Tentunya peranan masyarakat dan aparat pemerintahan khususnya desa dituntut untuk berpartisipasi dalam mewujudkan program yang sudah diproyeksikan di musrembang tahun 2019 ini untuk selanjutnya direalisasikan pada tahun berikutnya,”terangnya. (LAPORAN : SAMSIR JURNALIS CELEBES NEWS BIRO LUWU UTARA )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here