Pelindo IV Jalin Kerjasama Kemitraan PT Wijaya Karya

0
112

MAKASSAR — Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prakosa Hadi Takariyanto bersama Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA), Novel Arsyad melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Kemitraan di Lingkungan PT Pelindo IV di Ruang Rapat We Care Kantor Pusat Pelindo IV Makassar pada, – Kamis (14 Februari 2019),

Dalam sambutannya, Direktur Teknik Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto mengatakan sebenarnya penandatanganan ini sudah diharapkan terjadi pada November tahun lalu, saat soft launching proyek MNP.

“Karena mulai 2019 Pelindo IV sudah melakukan pengembangan usaha, tidak hanya pada bidang jasa kepelabuhanan tetapi juga non kepelabuhanan. Sebelumnya, kami (Pelindo IV) hanya melakukan bisnis pada bidang jasa kepelabuhanan saja,” katanya.

Melalui kerja sama ini, Prakosa berharap agar anak dan cucu usaha Pelindo IV yang baru terbentuk, bisa mendapatkan bimbingan dari anak usaha PT WIKA yang sudah lama berkiprah. “Supaya juga bisa melakukan pekerjaan di luar Pelindo IV.”

Terkait MNP yang hingga saat ini belum memiliki sumber air bersih yang menjadi salah satu hal yang penting juga dalam proyek itu, dia berharap agar WIKA bisa bekerjasama dalam hal penyediaan air bersih karena PDAM tidak mampu menyediakan sarana tersebut.

“Selain itu juga mungkin ada hal-hal lain yang bisa dieksplore bersama. Kami sangat berharap, apa yang ditandatangani pada hari ini, tidak hanya sebatas di atas kertas saja, tetapi mari sama-sama kita ciptakan sesuatu yang berguna untuk Sulsel dan Indonesia Timur pada umumnya,” tegas Prakosa.

Senada dengan Direktur Teknik Pelindo IV, Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA), Novel Arsyad juga berharap agar sinergi yang sudah terjalin maupun yang akan dilakukan agar segera direalisasikan.

Menurutnya, MoU ini hanya sebagai langkah awal, bagaimana Pelindo IV dan WIKA sama-sama mewujudkan [MoU] ini menjadi sebuah kerja sama.

Dia menyatakan sebagai agen pembangunan, bagaimana kedua BUMN ini [Pelindo IV dan WIKA] bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat. “Kita gali potensi bersama-sama dan segera diwujudkan menjadi sebuah kerja sama, meski tidak di semua lini yang ada, tapi paling tidak ada satu lini yang bisa diwujudkan dalam suatu perjanjian kerja sama (PKS), yang bisa menghasilkan sesuatu untuk provit jangka panjang dan bisa memaksimalkan suatu hasil usaha yang lebih baik.”

“Semoga BUMN bisa menjadi pioneer di negara kita dan mancanegara. Kami berharap, ini bisa dijalankan jauh lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut juga disaksikan oleh Asisten Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan II Kementerian BUMN, Indriani Widiastuti dan Direktur Keuangan PT Pelindo IV, Yon Irawan serta pejabat struktural PT Pelindo IV dan PT Wijaya Karya. (IST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here