Usai Dilantik, Kades Desa Buangin, Achmad Sulkifli akan Fokus Dobrak Pembangunan

0
90

LUWU UTARA, SABBANG — Menjadi kepala desa di jaman now ini, tidak cukup hanya dengan memenangi pemilihan saja melainkan juga harus punya visi yang jelas mengenai pembanguan ekonomi desanya. Kepala Desa saat ini bahkan memiliki peran yang sangat menentukan kesejahteraan warga desa.

Berbeda dengan situasi desa sebelum UU Desa lahir. Dahulu desa di tempatkan sebagai bagian paling akhir dari kebijakan pembangunan sehingga hanya mendapatkan porsi yang sangat kecil mengurus dirinya sendiri. Saat itu seorang Kepala Desa harus lebih banyak bekerja dengan instruksi dari struktur di atasnya.

Hasilnya, Kepala Desa hanya fokus pada persoalan administrasi dan mengerjakan berbagai ‘arahan’ dari atas itu. Sedikitnya porsi yang bisa dikelola oleh desa membuat Kepala Desa tidak memiliki cukup ruang untuk merancang pembangunan desanya. Hegemoni (baca: kekuataan penguasaan) negara atas rakyat yang sangat kuat adalah masalah berikutnya. Pola kebijakan Top Down yang dijalankan negeri ini selama bertahun-tahun serinngkali membuat seorang Kepala Desa merasa dirinya orang yang sangat berkuasa di desa sehingga ada banyak kebijakan yang dijalankan tanpa meminta persetujuan warga. Pola itu sudah tidak bisa dijalankan Kepala Desa, kini.

Sekarang ini desa mengalami perkembangan dinamika luar biasa terutama dalam hal percepatan ekonomi. UU Desa dan Program Dana Desa mengharuskan Kepala Desa memiliki kemampuan merancang bangun visi pembangunan desanya. Kepala desa harus memiliki konsep yang jelas untuk menciptakan kesejahteraan warganya.

Setidakyaa itulah yang dilakukan oleh Kepala Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Achmad Sulkifli SE, meski baru menjabat sebagai kepala desa, namun dirinya tidak mau tinggal diam. Pelan-pelan visi pembangunan mulai dijalankan, salah satunya kini bisa dirasakan oleh masyarakat dengan perbaikan jalan utama buat masyarakat Desa Buangin dan perbaikan akses jembatan, serta pengadaan traktor tiga unit untuk membantu pertanian warga.

“Semoga apa yang kami lakukan senantiasa dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga program-program pembangunan desa tidak sia-sia. Kami juga terus berharap dukungan seluruh elemen masyarakat sehingga desa kita ini bisa lebih baik lagi kedepan,” ujarnya singkat. (SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here