Puting Beliung Hantam Dusun Kampung Baru, Pallanro, Kabupaten Barru Sulsel, Puluhan Rumah Rusak, Satu Rata dengan Tanah

0
84

BARRU — Angin puting beliung melanda Dusun Kampung Baru, Kelurahan Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada rabu (13/3/2019) pagi tadi.

Akibatnya, puluhan rumah rusak. Data Kodim 1405 Mallusetasi menyebutkan sedikitnya 15 rumah rusak ringan, sembilan rumah rusak parah dan satu rumah rata dengan tanah. “Rata-rata rumah mengalami kerusakan di bagian atap,“ kata Mayor Mustaan, Perwira Penghubung Kodim 1405 Mallusetasi, saat melakukan pendataan di Kabupaten Barru, Rabu.

Rumah yang rata dengan tanah yakni rumah keluarga Nawawi yang terletak di Jalan Proso Makassar – Parepare, di Kelurahan Palanro, Kacamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru. “Rumah pak Nawawi, bergeser dari tempatnya sekira 30 meter. Rumah panggung itu terlempar ke empang,” kata Mustaan.

Nawawi, korban puting beliung, bercerita jika kejadian berlangsung cepat. Namun dia berhasil menyelamatkan diri. “Saat itu angin kencang menerjang dari arah timur. Kemudian masuk ke pemukiman warga hingga menghantam rumah saya. Sekira 80 persen material rumah panggung yang berukuran 12 x 7 meter itu terlempar ke empang,”kata Nawawi.

Sementara itu pihak BPBD Kabupaten Barru sudah turun ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan kepada sejumlah rumah yang terdampak anging puttng beliung. Seperti dikutip dari Kompas.com, masih ada warga yang atap rumahnya rusak dan belum mendapatkan bantuan terpal.

“Sekira 50 persen atap seng rumah saya hilang terbawa angin. Akibatnya hujan masuk ke dalam rumah. Hingga kini kami membutuhkan terpal agar dijadikan atap sementara,“ kata Muhammad Satira, warga Palandro, Kabupaten Barru. (kmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here