Bupati Luwu Utara, Indah Putri : Pemekaran Kecamatan Sabbang Selatan untuk Mendekatkan Simpul Pelayanan Terhadap Masyarakat

0
60

LUWU UTARA, CNEWS — Wacana pemekaran Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara yang didengungkan sejumlah elemen kini bisa terwujud. Itu dibuktikan dengan digelarnya acara syukuran oleh pemerintah kecamatan bersama masyarakat dan seluruh elemen di Kecamatan Sabbang Selatan pada, Rabu (15/3/2019).

Acara syukuran yang digelar di Lapangan Tarue, Desa Buangin dihadiri langsung oleh Bupati beserta sejumlah pejabat Pemda, dan oleh berbagai elemen masyarak seperti tokoh agama, tokoh pemuda, para kepala desa Se-Kecamatan Sabbang Selatan.

Camat Sabbang Selatan, Fatmawati, B, S STp memberikan apresiasi dan dukungan terhadap upaya pihak karena dengan pemekaran kecamatan maka akan semakin mendekatkan simpul pelayanan terhadap masyarakat. “Saya atas nama pribadi dan seluruh unsur pemerintah Kecamatan mendukung 100 persen langkah terbentuknya kecamatan baru ini,” ujarnya kepada Celebesnews.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri menjelaskan, beberapa hal yang melatar belakangi politik pemekaran kecamatan antara lain karena pada hakikatnya merupakan hak konstitusi yang telah dibuat dalam berbagai pondasi dan regulasi bahwa pemekaran kecamatan adalah salah satu cara yang bisa mempercepat pencapaian progres pembangunan di suatu daerah.

Kemudian setelah diterjemahkan secara seksama bahwa hakikat otonomi daerah adalah mendekatkan simpul pelayanan terhadap masyarakat. Maka, pada tahun ini yang merupakan simbol kebangkitan masyarakat Kecamatan Sabbang Selatan oleh sejumlah tokoh pemuda dan tokoh masyarakat mulai menggelorankan pemekaran karena disadari bahwa politik pemekaran merupakan kata kunci untuk mempercepat proses pembangunan di wilayah Kecamatan Sabbang Selatan ini.

Bupati Indah Putri menyebutkan, menjadi syarat pembentukan kecamatan baru itu selain syarat teknis, syarat administratif dan syarat fisik ada yang disebut sebagai komitmen moral bahwa persetujuan camat sebagai pimpinan wilayah di kecamatan induk menjadi jawaban yang sangat penting kemudian ada persetujuan bersama kepala desa dan anggota BPD se-kecamatan Sabbang Selatan. “Melalui rapat konsolidasi ini semua pihak yang disebutkan telah memberikan dukungannya melalui berita acara dan surat keputusan bersama yang telah ditanda tangani bersama,” katanya.

Ditegaskan, melalui berbagai kesempatan dan kunjungan kerja Bupati juga telah menyampaikan dukungannya tentang pemekaran kecamatan. “Melalui kunjungan kerja terakhir dalam beberapa waktu yang lalu Bupati telah menyampaikan dukungan lebih dari 100 persen dan meminta panitia dan unsur lain agar sama-sama mendukung pemerintah daerah untuk meyakinkan DPRD,” tegasnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Buangin, ACHMAD SULKIFLI SE mengatakan, langkah panitia sangat luar biasa karena ini merupakan kebutuhan masyarakat Kecamatan Sabbang Selatan dibidang pendekatan pelayanan dan akselerasi percepatan pembangunan. Tinggal bagaimana masyarakat dapat mendorong dan membantu pelaksanaan kegiatan yang dilakukan panitia.

“Oleh karena itu kami mengapresiasi dan mengucapkan terika kasih kepada pemerintah daerah dan DPRD dapat memberikan respon positif atas upaya yang dilakukan oleh semua elemen selama ini hingga akhirnya terbentuk Kecamatan Sabbang Selatan yang merupakan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. ( LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here