Miris, Warga Sakit Ditandu 12 KM Dari Desa Tebedoe Rampi Luwu Utara

0
62

LUWU UTARA, CNEWS — Miris seorang warga harus ditandu ke rumah sakit kabupaten yang jaraknya puluhan kilometer dari Kecamatan Rampi. Wilayah ini berada di pegunungan tanpa bisa dilalui oleh kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 12 jam menuju Masamba, kota Kabupaten Luwu Utara.

Seorang warga sakit yang ditandu dengan berjalan kaki selama delapan jam dari Desa Tedeboe, Kecamatan Rampi menuju Masamba pada, Minggu (3/3/2019) lalu.

Diketahui pasien ditandu dari Desa Tedeboe ke puskesmas Rampi, Desa Sulaku Kecamatan Rampi. Medan yang ditempuh sekitar 12 KM dengan melewati gunung dan lembah dengan akses jalan yang licin dan becek.

Deg. Besse Sulo yang mendampingi pasien mengatakan untuk merujuk pasien ke puskesmas rampi membutuhkan tenaga sebanyak hampir setengah dari penduduk Desa Tedeboe.

“Setelah di rawat di puskesmas selama 2 hari kondisi pasien tidak membaik maka pada, Selasa 5 Maret 2019, dokter Umum, Widy memutuskan untuk merujuk ke Rumah Sakit Hikmah Masamba, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara” ujarnya melalui WhatsApp pribadinya, Jumat (8/3/2019).

Besse melanjutkan perjalanan dari Puskesmas Rampi ke Bandara Rampi jaraknya sekitar 1 KM dan pasien harus di tandu lagi dengan medan yang sama. (SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here