PT PELINDO IV RAIH PENGEMBANGAN TALENTA TERBAIK & CEO TALENT DEVELOPMENT TERBAIK

0
59

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang “Anugerah BUMN 2019” yang diketuai Dr. Tanri Abeng selaku Menteri BUMN RI Pertama, yakni Kategori Corporate Emerging Corporate dan Kategori CEO Emerging Corporate.

Dalam ajang bergengsi dikalangan BUMN ini, untuk Kategori Corporate Emerging Corporate, PT Pelindo IV berhasil meraih Terbaik I “Pengembangan Talenta Terbaik”. Sedangkan di Kategori CEO Emerging Corporate, Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang dinobatkan sebagai CEO Talent Development Terbaik.

Ketua Dewan Juri “Anugerah BUMN 2019”, Tanri Abeng menyatakan, berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, penilaian pemenang pada tahun ini tidak lagi memisahkan kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN, maupun BUMN Tbk. dan Non Tbk,. Melainkan, kategori pemenang hanya dibagi atas dua kategori utama, yakni Big Corporate dan Emerging Corporate.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya kita membedakan antara perusahaan induk dan perusahaan anak, lalu membedakan perusahaan Tbk. dan Non Tbk., maka saat ini kita tidak lagi membagi menjadi empat kategori itu. Karena sesungguhnya semua perusahaan menjalankan tugas sebagai bisnis, jadi kita melihat bagaimana masing-masing entitas BUMN mengoperasionalkan bisnisnya, sehingga tetap tumbuh dan berkembang. Itu yang kita nilai,” ungkap Tanri Abeng pada malam puncak penganugerahan yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis malam (28 Maret 2019).

Dewan juri menilai, pemenang kategori CEO merupakan pemimpin yang mampu memperkuat kinerja korporasi melalui keahlian leadership yang tinggi, mampu mengelola SDM yang kompetitif dan berdaya saing di kancah global, sekaligus mendorong pencapaian kinerja keuangan yang unggul di tengah dinamika situasi ekonomi nasional maupun global.

Anugerah BUMN yang diselenggarakan oleh BUMN Track merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global. Tujuan kegiatan ini adalah mendorong pertumbuhan tata kelola BUMN yang semakin governance, sekaligus mendorong kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi dengan memberdayakan segenap kekuatan perusahaan.

Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni mengatakan, menyimak secara langsung paparan presentasi para CEO membuat pikiran buruk tentang BUMN akibat akumulasi pemberitaan negatif di media dan media sosial, tidak sepenuhnya benar. “Ternyata tuduhan bahwa BUMN berdarah-darah, utangnya kian menumpuk, tidaklah benar. Laba bersih BUMN tahun 2018 menembus Rp188 triliun sedangkan total pendapatan mencapai Rp2.339 triliun. Realisasi itu naik 10,45% dari Rp2.027 triliun tahun sebelumnya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak optimistis,” ungkap Akhmad Kusaeni.

Untuk menjaring pemenang, para peserta harus melalui tiga tahapan proses seleksi. Diawali seleksi kuesioner, dilanjutkan dengan wawancara pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri dan berakhir dengan proses wawancara CEO. Dari 90 peserta, sebanyak 30 BUMN kategori Big Corporate dan 45 BUMN Emerging Corporate mengikuti tahap final penjurian.

Didukung oleh para tokoh dewan juri dari beragam profesi yang dikenal luas kredibilitas dan kompetensinya, serta diperkuat dengan kualitas tim riset dan penilaian dari PPM Manajemen, menjadikan ajang Anugerah BUMN memiliki bobot dan integritas yang teruji. Hasil Anugerah BUMN bisa menjadi cerminan bagi pengelolaan BUMN ke depan yang lebih profesional, transparan dan berdaya saing, sekaligus menjadi rekomendasi sumber rekruitmen kabinet di masa mendatang. (IST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here