Ada Senyum Manis di Raut Wajah Petani Lewat Program Electrifying Agriculture PLN ULP Kalebajeng Gowa

0
131

Muda dan energik setidaknya itu yang menjadi gambaran untuk Manager PLN ULP Kalebajeng, Iin Trisnawaty. Ditengah usianya yang masih begitu muda namun berani melakukan terobosan-terobosan besar meski dengan menggandeng program PLN secara nasional.

Di Desa Paraikatte, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Iin begitu ia akrab disapa hadir ditengah sawah bersama petani untuk mengulurkan bantuan pompa listrik lewat Program Electrifying Agriculture PLN.

Bantuan ini untuk memaksimalkan penggunaan listrik guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha petani melalui program Electrifying Agriculture. “Saat ini Kabupaten Gowa secara khusus dibawah wilayah PLN Unit ULP Kalebajeng memiliki potensi pelanggan pada sektor usaha – usaha pertanian yang dapat dimigrasikan dari penggunaan tabung gas ke penggunaan listrik. Potensi inilah yang sedianya ingin dioptimalkan oleh PLN ULP Kalebajeng,” katanya kepada Celebesnews, Kamis (8/7/2021).

Dirinya menjelaskan bahwa banyak keuntungan yang diperoleh dengan bermigrasi dari tabung gas ke listrik yakni efisiensi dengan menekan biaya hingga 50%. Selain itu pompa mesin listrik tidak menghasilkan polusi udaha, polusi suara serta tidak ada limbah.

“Telah dibuktikan bahwa hasil produksi dari mesin pompa listrik ini lebih baik karena motor listrik lebih stabil,” jelas Iin

Program electrifying agriculture yang diluncurkan oleh PLN langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya oleh para petani di Desa Paraikatte. Electrifying agriculture merupakan salah satu bagian dari semangat transformasi PLN untuk meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau, dan andal untuk berbagai kalangan masyarakat, khususnya di bidang pertanian.

“Kami senang melihat keberhasilan petani dalam mengelola sawah mereka dengan memakai listrik PLN,” ujarnya.

Selain penghematan biaya produksi, pasokan listrik PLN yang andal akan membantu meningkatkan produksi gabah para petani, yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan pendapatan para petani.

“Produktivitas di lahan petani terus meningkat dengan dukungan layanan kelistrikan PLN yang optimal. PLN berharap ke depannya semakin banyak pelaku sektor pertanian yang akan beralih ke mesin pompa air berbasis listrik,” ujarnya. ( Laporan : Muh Yunar )

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here