Program Electrifying Agriculture PLN Bantu Petani Makin Produktif, PLN ULP Kalebajeng Gowa Bantu Petani Mesin Pompa Listrik

0
141

GOWA — Listrik sudah jadi kebutuhan pokok bagi siapapun. Dengan adanya listrik, suatu daerah bisa lebih berkembang, memajukan masyarakat, dan menyejahterakan individu di dalamnya. Hal ini disampaikan oleh Manager PLN ULP Kalebajeng, Iin Trisnawaty kepada Celebesnews, Rabu (7/7/2021).

Melalui program Terangi Negeri, PLN menyasar daerah-daerah terpencil di Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan untuk dialiri listrik. Tujuannya tidak hanya untuk pemerataan dan perluasan jangkauan listrik. Menurut Iin, pemerataan listrik juga bisa menjadi sarana pemaksimalan potensi ekonomi, sehingga kesejahteraan lebih mudah diraih.

“Salah satunya dilakukan lewat program Electrifying Agriculture. Program ini menjadi cara PLN untuk beroperasi lebih efisien, efektif, dan tepat sasaran untuk meningkatkan perekonomian negeri, terutama pada sektor pertanian,” kata Iin.

Di Kabupaten Gowa, secara khusus di wilayah unit kerja PLN ULP Kalebajeng melalui program ini, PLN memberikan layanan listrik kepada pelaku usaha sektor petanian. Dari program ini, Iin mengungkapkan diharapkan akan berhasil memaksimalkan produktivitas pertanian dan meningkatkan efisiensi pelaku usaha tani. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing industri dan ketahanan pangan para petani.

PLN ULP Kalebajeng memberikan bantuan berupa pompa listrik kepada petani di Desa Paraikatte Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. “PLN sahabat petani, ini melayani kebutuhan listrik bagi petani untuk pompanisasi air para petani di Desa Paraikatte,” ujarnya.

Tujuan dari program tersebut untuk memudahkan petani dalam hal operasional, efisiensi, dan produktivitas. Sebelumnya, petani hanya menggunakan tabung gas sebagai bahan bakar untuk menyalakan pompa air.

Sementara itu, menggunakan tabung gas, kata Salah satu anggota kelompok tani penerima bantuan pompa listrik dari PLN atas nama Afdal mengatakan jumlah yang harus dikeluarkan untuk melakukan pompanisasi. Katanya, dulu ia dan petani lainnya tidak mudah untuk mendapatkan air. Setelah program tersebut hadir, para petani bisa mendapatkan air kapan saja dengan lebih efisiensi. ( Laporan : Muh Yunar )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here