Mengejutkan !!! BPK Bongkar Temuan Dugaan Kerugian Negara Ratusan Juta pada Proyek GOR Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Majene

0
245

MAKASSAR — Satu per satu temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Barat terbuka. Tidak hanya temuan pada proyek fisik pembangunan gedung rawat inap, instalasi radiologi dan laboratorium RSUD Majene, tapi BPK turut menemukan dugaan potensi kerugian negara pada proyek pembangunan gedung olahraga sebesar Rp499.864.168 atas keterlambatan penyelesaiann pekerjaan tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan dokumen pekerjaan diketahui perencanaan teknis atas pembangunan Gedung Olahraga (GOR) tersebut dikerjakan oleh CV. CPN berdasarkan nomor kontrak tanggal 2 April 2019. Penelusuran atas rencana anggaran tidak ditemukan item pekerjaan sondir.

Selain itu, wawancara dengan konsultan pengawas pekerjaan dari PT. TTI diketahui bahwa desain rencana bangunan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan sehingga pihak konsultan pengawas meminta untuk dilakukan reviuw desaun untuk memastikan hasil perencanaan yang dibuat oleh konsultan perencana dapat memenuhi syarat-syarat bangunan.

Paket pekerjaan pembangunan GOR tersebut telah dibayarkan oleh Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga sebesar Rp 10.997.000.000 atau 100 persen.

Selain itu, BPK menemukan proyek pembangunan GOR ini berdasarkan BAS yang telah dibuat diketahui terlambat 50 hari dan tidak dapat di addendum pemberian kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berisi tentang waktu penyelesaian pekerjaan, penambahan waktu jaminan pelaksanaan dan aturan pengenaan denda keterlmabatan.

Berdasarkan dokumen pekerjaan pembangunan GOR seharusnya selesai pada tanggal 25 Desember 2019 menjadi terlambat selama 50 hari sejak tanggal 26 Desember 2019 sampai dengan 13 Februari 2020. Atas keterlambatan pekerjaan yang dimaksud, pelaksana pekerjaan belum dikenakan denda sebesar Rp 499.864.168 ((1/1000xRp9.997.283.367 (kontrak tidak termasuk PPN) x 50 hari )) dengan pelaksana kegiatan PT Star Mitra Sulawesi.

Sementara itu, Celebesnews mencoba meminta klarifikasi dan konfirmasi atas temuan BPK tahun anggaran 2019 tersebut melalui surat kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene mendapat jawaban penjelasan bahwa proyek GOR tersebut dikerjakan oleh PT Star Mitra Sulawesi.

Atas keterlambatan pekerjaan pihak pelaksana kegiatan PT Star Mitra Sulawesi telah melakukan pembayaran secara bertahap/diangsur sesuai kesepakatan BPK.

Melalui surat tanggapannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olah Kabupaten Majene, H. Iskandar MM Pada tanggal 6 November 2021 dilakukan pengembalian dengan cara diangsur sebesar Rp150.000.000, kemudian pada tanggal 25 Februari 2021 sebesar Rp 150.000.000

Atas klarifkasi tersebut, Kepala Dinas menyampaikan demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. ( Laporan : Redaksi )

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here