Bungkam Atas Temuan BPK, Kredibilitas Plt Kadis PUPR Gowa Dipertanyakan ?

0
270

MAKASSAR — Kredibilitas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa mulai dipertanyakan menyusul setumpuk temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pada tahun anggaran 2019.

BPK menemukan proyek kekurangan volume pada rehabilitasi istana tamalatea dan balla lompoa hingga proyek kelasahan penganggaran pengadaan sarana dan prasarana air bersih.

Atas temuan BPK tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR kembali mendapat sorotan keras dari kalangan pemerhati dan pemantau kinerja aparatur negara.

Kali ini datang dari salah satu aktivis Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Apkan), Muhammad Amin meminta bupati Gowa untuk segera melakukan evaluasi dan menempatkan pejabat yang memiliki kredibilitas sebagai Plt kepala Dinas PUPR.

“Saya pikir tidak perlu menunggu waktu untuk segera melakukan evaluasi terhadap Plt kepala dinas yang ada sekarang ini. Bupati harus bisa memilih orang-orang terbaik lebih komunikatif dan kredibel, bukan pejabat yang lebih cenderung tertutup hanya hanya melayani pihak-pihak tertentu atau yang memiliki kepentingan. Kok temuan-temuan BPK tidak bisa dijelaskan ke public, bagaimana bisa melakukan hal-hal yang lebih besar lagi,” pungkasnya.

Sorotan keras dari sejumlah elemen masyarakat terhadap Plt Kepala Dinas PUPR Gowa memang cukup belasan. Proyek-proyek temuan BPK yang jadi potensi kerugian negara tidak pernah dibuka atau dijelaskan ke public.

“Bos…. ini uang negara dan masyarakat patut mempertanyakan atas temuan BPK itu kepada Plt Kepala Dinas PUPR dan harus dijelaskan. Tidak boleh bungkam, itu bukan uang pribadi kenapa mesti tidak buka dan dijelaskan saja kepada masyarakat, ada apa, kan sudah jelas jadi temuan,” tandasnya.

Oleh karena itu, Amin meminta aparat penegak hukum untuk mendalami proyek ‘kesalahan penganggaran’ pengadaan pipanisasi dan proyek kekurangan volume rehabilitasi istana tamalatea dan balla lompoa. “Mungkin dari situ masyarakat baru bisa mendapatkan informasi nantinya dari media setelah masuk ke ranah hukum dengan bungkamnya Plt Kepala Dinas PUPR Gowa atas temuan BPK tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Celebesnews mencoba meminta klarifikasi dan konfirmasi atas temuan BPK kepada Plt Kepala Dinas PUPR Gowa sejak bulan lalu hingga berita ini diturunkan kembali tidak mendapat tanggapan dan jawaban. ( Laporan : Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here