BPK Endus Proyek Irigasi Palonga dan Maridi Dinas PSDA Pinrang, Layak Masuk Ranah Hukum

0
299

MAKASSAR — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan sejumlah masalah dalam proyek irigasi pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemkab Pinrang. Setelah dilakukan audit khusus, ditemukan sejumlah proyek infrastruktur ini yang tidak sesuai dengan aturan. Negara terancam dirugikan dan layak masuk ke ranah hukum.

Salah satu proyek pada Dinas PSDA yang dikerjakan melalui tahun anggaran 2019 menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan adalah pekerjaan rehabilitasi bangunan daerah irigasi Palonga yang dikerjakan oleh CV.KTP dengan nilai kontrak hampir mencapai setengah miliar.

Berdasarkan pemeriksaan, BPK menemukan pekerjaan irigasi di Palonga Kabupaten Pinrang ini mengalami kekurangan volume hampir mencapai seratusan juta rupiah.

Hal itu diketahui setelah BPK bersama PPK, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas melakukan pemeriksaan fisik yang meliputi pengukuran panjang, lebar dan tebal saluran irigasi.

Proyek irigasi ini dengan jangka waktu pelaksanaan 21 Juni sampai dengan 17 Desember 2019 atau 180 hari kalender.

Atas kekurangan volume tersebut, rekanan baru melakukan pengembalian sebesar Rp 10.000.000 per tanggal 4 Mei 2020.

Dalam dokumen hasil pemeriksaan BPK yang salinan resminya diperoleh celebes-news.com disebutkan, proyek tersebut telah dibayarkan penuh senilai kontrak. Berita acara serah terima pekerjaan tanggal 16 Desember 2019.

Selain itu, BPK mengendus proyek irigasi Maridi dengan penyedia jasa konstruksi CV. LPU dengan nilai kontrak /addendum Rp 391.000.000 dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender mulai 21 Juni sampai 17 Desember 2019.

BPK melakukan pemeriksaan fisik bersama PPK, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas yang meliputi pengukuran panjang, lebar dan tebar saluran irigasi diketahui terdapat kekurangan volume senilai Rp 74.700.979

Sementara itu, celebes-news mencoba melakukan konfirmasi dan klarifikasi atas temuan BPK tahun 2019 tersebut kepada Kepala Dinas PSDA Kabupaten Pinrang melalui surat bulan lalu, hingga berita ini diturunkan tidak mendapat tanggapan dan jabawan. ( LAPORAN : REDAKSI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here