Gila-Gilaan ! BPK Endus Proyek jalan Gantarang-Garassi Pakkolompo Dinas PUPR Gowa Kelebihan Bayar Rp 800 Juta Lebih

0
91

MAKASSAR — Gila-gilaan… Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali mengendus potensi kerugian negara pada proyek fisik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa.

Kali ini, BPK menemukan proyek peningkatan jalan Gantarang-Garassi Pakkolompo Kabupeten Gowa dengan kelebihan bayar hingga melebihi Rp 800 juta.

BPK menyebutkan permasalah tersebut disebabkan Kepala Dinas PURP tidak optimal dalam mengendalikan pengelolaan belanja modal jalan, irigasi dan jaringan serta mengawasi kinerja bawahannya.

Selain itu, PPK tidak cermat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang ditanganinya baik secara kualitas dan mutu pekerjaan.

Demikian pula dengan konsultan pengawas tidak cermat dalam melakukan pengawasan pekerjaan yang ditanganinya.

BPK memerintahkan Plt Kepala Dinas PUPR Gowa untuk menginstruksikan PPK menarik kelebihan bayar akibat kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp 800 juta lebih dan meminta penyedia jasa untuk menyetorkan ke kas daerah.

Majelis TP-TGR untuk memproses pengembalian kelebihan pembayaran atas kekurangan volume pekerjaan ke kas daerah dengan mengacu pada proses penyelesaian yang diatur dalam kontrak.

Dari temuan proyek peningkatan jalan Gantarang-Garassi Pakkolompo Kabupeten Gowa berdasarkan hasil pemeriksaan fisik bersama Inspektorat, PPK, Konsultan pengawas dan penyedia jasa diketahui terdapat kelebihan perhitungan nilai pembayaran tersebut dikarenakan adanya perbedaan dimensi ketebalan pekerjaan Laston Tipis Aus (AC-WC), Volume pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A dan makra thermoplastik.

Selain itu, terdapat kondisi jalan, pasangan talut dan pasangan batu mortar untuk drainase yang mengalami kerusakan.

Proyek ini sendiri dikerjakan oleh PT IIP dengan tanggal kontrak 12 Maret 2020 dan addendum kontrak tanggal 6 April 2020, jangka waktu pelaksanaan 12 Maret 2020 hingga 26 Oktober 2020 dengan nilai kontrak Rp 14 miliar lebih.

Sementara itu, celebes-news.com mencoba meminta konfirmasi dan klarifikasi atas temuan BPK tahun 2020 ini kepada Plt Kepala Dinas PUPR kabuten Gowa sejak beberapa waktu lalu hingga berita ini diturunkan tidak memberi jawaban dan bungkam. ( Laporan : Redaksi )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here