Aktivis Antikorupsi Minta APH Bidik Temuan Perjalanan Dinas Sekretariat DPRD Polman

0
22

MAKASSAR — Temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas potensi kerugian negara pada perjalanan dinas Sekretariat DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat tahun anggaran 2019 memantik reaksi pegiat dan aktivis antikorupsi.

Ketua Celebes Corruption Watch (CCW), Masryadi kepada celebes-news.com pada, Rabu (15/9/2021) meminta Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menindak lanjuti temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun anggaran 2019 tersebut.

Atas perjalan dinas ke Jakarta oleh Sekretariat DPRD Polman, BPK mengendus potensi kerugian negara hingga mencapai lebih Rp 234 juta. Sebaliknya, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Polman baru melakukan pengembalian ke kas negara Rp p 189.073.800. Artinya masih ada potensi kerugian negara yang belum dilakukan pengembalian.

Persolan ini Hasil dipicu hasil konfirmasi pada tiga hotel di Jakarta yaitu Lumire Hotel & Convention Centre, Hotel Jayakarta dan Gino Feruci Kebonjati Hotel, sebagai penyedia jasa penginapan atas perjalanan dinas anggota DPRD Polman dan pegawai Sekretariat Daerah diketahui terdapat 64 bukti penginapan pelaksana perjalanan dinas yang tidak terdaftar dalam data penginapan hotel tersebut sehingga terdapat pembayaran perjalanan dinas yang tidak sesuai ketentuan senilai lebih Rp 234 juta.

Nilai tersebut merupakan selisih dari biaya perjalanan dinas yang telah dibayarkan oleh bendahara pengeluaran dengan biaya penginapan yang seharusnya diterima oleh pelaksana perjalanan dinas apabila tidak menggunakan biaya penginapan saat melakukan perjalanan dinas sesuai dengan standar biaya umum yang berlaku pada pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Atas masalah tersebut mengakibatkan kelebihan pembayaran biaya perjalanan dinas luar daerah senilai lebih Rp 234 juta. Masalah ini disebabkan ketidak cermatan pelaksana perjalanan dinas dalam mempertanggungjawabkan bukti perjalanan dinas

Sementara itu, Sekwan DPRD Kabupaten Polman A. Mahadiana Djabbar menjelaskan telah berupaya melakukan konfirmasi dan mendesak pihak penyelenggaran perjalan dinas untuk segera menyelesaikan sisa temuan tersebut. ( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here