Duhhhh !!! BPK Kembali Endus Temuan Kesalahan Penganggaran Belanja Modal dan Belanja Barang Dinas PSDA Pinrang

0
38

MAKASSAR — Badan Pengawas Keuangan (BPK) kembali mengendus temuan pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Pinrang. Kali ini kasalahan penganggaran pada belanja pemeliharaan dianggarkan sebagai belanja modal jalan irigasi dan jaringan.

Pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Pinrang menganggarkan belanja modal Jalan Irigasi dan Jaringan (JIJ) sebesar Rp 78 miliar lebih dan direalisasikan sebesar Rp 73 miliar lebih atau 94 persen dari anggarannya.

Pemeriksaan atas realisasi belanja JIJ pada Dinas PSDA diketahui adanya anggaran belanja modal jalan irigasi dan jaringan pada 21 kegiatan optimalisasi fungsi dan jaringan irigasi yang telah dibangun berupa pemeliharaan saluran senilai Rp 3.249.303.300. Belannja modal jalan irigasi dan jaringan pada kegiatan optimalisasi fungsidan jaringan irigasi yang telah dibangun seharusnya dianggarkan pada belanja pemeliharaan.

Selain itu, BPK menemukan kesalahan penganggaran pada belanja jalan irigasi dan jaringan dianggarkan sebagai belanja barang diserahkan ke masyarakat.

Pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Pinrang menganggarkan belanja barang diserahkan ke masyarakat sebesar Rp 67.534.767.989 dengan realisasi sebesar Rp 65 miliar lebih atau 97 persen dari anggaran.

Hasi pemeriksaan menunjukkan terdapat realisasi belanja barang diserahkan ke masyarakat sebesar Rp 20.279.167.339 merupakan belanja modal jalan irigasi dan jaringan diantaranya berupa jalan rabat beton, duiker dan drainase.

Sementara itu, celebes-news.com mencoba meminta klarifikasi dan konfirmasi atas temuan BPK pada LHP tahun 2019 kepada Kepala Dinas PSDA Kabupaten Pinrang beberapa waktu lalu, hingga berita ini diturunkan tidak mendapat tanggapan dan jawaban ( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here