KPK-Intim Turut Minta Bupati Copot Plt Kepala Dinas PUPR Gowa, Akram “Kami yakin Masih Banyak Pejabat Di Lingkup Pemkab Gowa yang Lebih Komunikatif”

0
37

MAKASSAR — Desakan pencopotan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa terus digaungkan oleh pegiat dan aktivis antikorupsi. Dorongan pencopotan tersebut bukan semata-mata atas setumpuk temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) pada OPD teknis tersebut, juga karena dipicu Plt kepala dinas PUPR sangat tertutup dan tidak komunikatif terhadap pihak luar.

Kali ini desakan poncopotan itu dari aktivis dan pegiat antikorupsi dari lembaga Komunitas Pencegahan Korupsi Indonesia Timur (KPK-Intim).

Ketua KPK Intim, Akram SH kepada celebes-news.com pada, Rabu (15/9/2021) turut menyoroti sikap Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa yang tidak pernah merespon temuan BPK meski telah beberapa kali aktivis dan pegiat antikorupsi meminta temaun tersebut untuk dijelaskan ke masyarakat.

“Sekarang kan kesannya sudah kurang bagus setumpuk temuan BPK pada Dinas PUPR Kabupaten Gowa tidak satu pun direspon dan di buka ke masyarakat. Plt Kepala Dinas PUPR bungkam,”tandasnya.

Dikatakannya, dari data temuan BPK hampir semua proyek fisik pada instansi tersebut mengalamu kekurangan volume hingga munculnya potensi kerugian negara. Seharusnya pimpinan OPD tersebut buka mulut atau bersuara menjelaskan ke public soal temuan itu, jangan kesannya tertutup seperti sekarang ini,” ujarnya.

Terbaru, BPK kembali menemukan proyek peningkatan jalan Gantarang-Garassi Pakkolompo Kabupeten Gowa tahun anggaran 2020 kelebihan bayar lebih Rp 800 juta.

Proyek ini dikerjakan oleh PT IIP dengan tanggal kontrak 12 Maret 2020 dan addendum kontrak tanggal 6 April 2020, jangka waktu pelaksanaan 12 Maret 2020 hingga 26 Oktober 2020 dengan nilai kontrak lebih Rp 14 miliar.

Akram berharap, Bupati Gowa segera mencopot Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, dan menempatkan pejabat yang bisa lebih komunikatif. “Kami yakin masih banyak pejabat di jajaran pemerintah daerah Kabupaten Gowa yang bisa bersinergi dengan pihak luar dan lebih komunikatif,” terangnya.

Sementara itu, celebes-news.com mencoba meminta konfirmasi dan klarifikasi atas temuan BPK tahun 2020 ini kepada Plt Kepala Dinas PUPR kabuten Gowa sejak beberapa waktu lalu hingga berita ini diturunkan tidak memberi jawaban dan bungkam. ( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here