Karo Ops, Kombes Pol Adeni Muhan Dampingi Kapolda Sulsel Buka Pelatihan Bintara Remaja Satbrimobda di Parepare

0
75

 

*PERIHAL  : UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN KEMAMPUAN BRIMOB BINTARA REMAJA SATBRIMOBDA SULSEL TAHUN 202

PAREPARE — Pada hari ini Selasa tanggal 21 September 2021 sekitar pukul 09.30 Wita, telah berlangsung kegiatan Upacara Pembukaan Latihan Kemampuan Brimob Bintara Remaja Satbrimobda Sulsel Tahun 2021, bertempat di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimobda Sulsel Jl. Chalik No. 3 Kel. Sumpang Minangae Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut dilaporkan hal-hal sebagai berikut :

I). Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam kegiatan tersebut yakni Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si., dengan Komandan Upacara Wadanden Gegana Satbrimobda Sulsel Kompol Mansur, S.H., M.H., serta Perwira Upacara Danyon B Pelopor Satbrimobda Sulsel Kompol Sapari, S.Sos.

Turut hadir dalam kegiatan upacara, antara lain :

– Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol. Drs. Adeni Muhan Daeng Pabali, M.M., M.B.A.
– Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Pol. Agoeng Adi Koerniawan
– Dir Intel Polda Sulsel Kombes Pol. Dwi Suryo Cahyono, S.I.K.
– Dir Pam Obvit Polda Sulsel Kombes Pol. M. Iftah Falahadin, S.H.
– Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Witnu Urip Laksana, S.I.K.
– Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis P.S., S.I.K., M.Si.
– Wakil Walikota Parepare H. Pangerang Rahim
– Kepala Kejaksaan Negeri Parepare Didi Hariyono, S.H., M.H.
– Kasdim 1405/Mallusetasi Mayor Inf. Oberan (Mewakili Dandim 1405/Mlts)
– Danden POM XIV/2 Parepare Mayor CPM. Hastho Sutanto, S.H.
– Dandenma Brigif 11/BS Mayor Inf. Muh. Tahir (mewakili Danbrigif 11/BS)
– Wakapolres Parepare Kompol Ishak Ifa, S.Sos. (mewakili Kapolres Parepare)
– PJU jajaran Satbrimobda Sulsel

III). Susunan acara :

1). Komandan Upacara memasuki lapangan upacara dan mengambil alih pasukan
2). Kapolda Sulsel selaku Inspektur Upacara tiba di tempat upacara
3). Menyanyikan Lagu Mars Brimob
4). Penghormatan Pasukan
5). Laporan Komandan Upacara
6). Penyematan Tanda Instruktur dan Peserta Latihan dilanjutkan pemakaian helm latihan
7). Amanat Inspektur Upacara, sebagai berikut :

– Korps Brimob adalah Bagian integral yang tak terpisahkan dari Polri dan pada tingkat Satker Mapolda, Satuan Brimob Polda Sulsel merupakan salah satu pelaksana utama yang berada di bawah kendali Kapolda sebagai salah satu Satker operasional. Sebagai salah satu satuan tertua di Indonesia, sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia yang begitu panjang tidak terlepas dari peran Brigade Mobil.

– Tantangan tugas pada Satuan Brimob Polda Sulselsaat ini semakin berat dan Kompleks, gangguan Kamtibmas yang berkadar tinggi senantiasa terjadi pada berbagai tempat demikian pula pada masa yang akan datang tentunya, dengan kemajuan teknologi maka kejahatan pun akan semakin berkembang sehingga dengan demikian dibutuhkan personel Brimob dengan kemampuan fisik yang memadai dan keterampilan yang handal, semua ini bisa tercapai dengan pendekatan dan metode pelatihan peningkatan kemampuan kepada seluruh personel Brimob secara berkesinambungan.

– Rekruitmen personel Bintara Remaja di Satbrimoda Sulsel, selain merupakan perwujudan dan program peremajaan personel Brimob, juga salah satu upaya untuk menciptakan postur Brimob yang lebih ideal melalui program latihan kemampuan Brimob untuk meningkatkan kualitas kinerja dan komitmen terhadap organisasi.

– Sejalan dengan program prioritas Kapolri yaiut prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (presisi) dengan mewujudkan sumber daya manusia yang unggul di era Police 4.0. sehingga pelatihan ini bukan hanya berfokus pada peningkatan kemampuan fisik akan tetapi juga mengarah pada kemampuan penggunaan teknologi salah satu contoh dengan menggunakan komputer pada kegiatan navigasi darat untuk mengetahui titik koordinat dan kemampuan menggunakan teknologi drone, nano drone, penggunaan thermal unutk penjejak panas tubuh, wall radar untuk mengetahui jumlah dan posisi makhluk hidup yang ada dalam ruangan dengan menggunakan gelombag frekuensi.

– Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan inidapat menjadi motivasi bagi kita untuk berlatih lebih giat sehingga tercipta tampilan Brimob yang profesional, kuat, terampil, cepat, lincah, cekatan dan taat pada aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

– Atas nama pribadi dan selaku pimpinan diucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Dansat Brimob Polda Sulsel serta jajaran atas pelaksanaan latihan ini, dan dipesakankan untuk tingkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dimanapun berada, belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, ciptakan hubungan yang harmonis dalam lingkungan internal maupun eksternal sesama peserta dan instruktur, serta tetap utamakan keselamatan.

8). Laporan Komandan Upacara
9). Penghormatan Pasukan
10). Menyanyikan Lagu Mars Brimob
11). Pembacaan Do’a
12). Penekanan tombol sirine tanda dimulainya operasional Subden Composite Gegana di Batalyon B Pelopor oleh Inspektur Upacara
13). Kapolda Sulsel meninggalkan lapangan upacara.

IV). Seluruh rangkaian kegiatan berakhir sekitar pukul 10.15 Wita  (Laporan : Anchi )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here