Aktivis Antikorupsi Ancam Bawa Tender Proyek Jalan Lingkungan dan Jaringan Drainase Bantaeng ke Ranah Hukum

0
268

MAKASSAR — Pegiat dan aktivis antikorupsi Celebes Corruption Watch (CCW), Zulfikar memberi warning kepada kepada Kelompok Kerja (Pokja) Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pemprov Sulsel.

Peringatan ini agar Pokja UKPBJ lebih teliti dan jeli dalam melakukan evaluasi terhadap rekanan yang mengikuti tender. “Jangan menimbulkan kesan ada indikasi persekongkolan dalam pelaksanaan tender yang dapat merugikan pihak penyedia lainnya,” ungkap Zulfikar kepada celebes-news.com pada, Kamis (14/10/2021).

Dikatakan oleh Zulfikar, buntut dari diduga kurang becusnya Pokja, CCW telah melayangkan somasi kepada Pokja ULP Sulsel pada salah satu item tender proyek milik Pemprov Sulsel.

“Kami berharap Pokja ULP bisa melakukan evauluasi ulang pada paket pekerjaan yang ada pada surat kami. Bila tetap memaksakan pemanang lain pada proyek tersebut CCW akan membawa masalah ini ke ranah hukum,” tandasnya.

Diketahui berdasarkan keterangan salah satu rekanan yang disampaikan CCW, pada proyek pembangunan jalan lingkungan dan jaringan drainase di Kabupaten Bantaeng menghitung SKP dengan rumus jumlah paket yang sedang dikerjakan oleh penyedia, nilai kemampuan paket dengan ketentuan.

Berdasarkan hal tersebut, CCW menilai Pokja UKPBJ dinilai keliru menetapkan CV Yusran Karya Pratama selaku pemenang dalam paket pekerjaan tersebut dengan alasan perusahaan tersebut telah mengerjakan pekerjaan lebih dari aturan Sisa Kemampuan Paket (SKP) untuk usaha kecil selama tahun 2021 dimana perusahaan ini diduga telah mengerjakan lebih dari lima paket pekerjaan secara bersamaan. ( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here