CCW Mulai Siapkan Data Pulbaket, Proyek Rehabilitasi Pelabuhan Bira Mulai Masuk Investigasi

0
87

MAKASSAR — Direktur Lembaga Anti Korupsi Celebes Corruption Watch (CCW) Sulawesi Selatan, Masryadi memberi peringatan keras kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan PPK serta kontraktor proyek rehabilitasi pelabuhan penyeberangan Bira Bulukumba usia meminta Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mendalami beberapa item pekerjaan yang diduga tidak sesuai bestek atau kurang volume.

CCW mendapati kejanggalan dugaan konstruksi awal di proyek bernilai puluhan miliar itu. Mulai dari kualitas material yang diduga tidak sesuai spesikasi hingga kualitas mutu material yang perlu dipertanyakan.

“Kami akan melakukan investigasi mendalam bakal melakukan uji lab untuk melihat material yang digunakan apakah sudah susuai kualitas di RAB atau tidak,” tandas Masryadi.

Dasarnya, kata pegiat dan aktivis antikorupsi ini sesuai Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Peran serta masyarakat tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan hak dan tanggungjawab masyarakat dalam penyelenggaraan negara yang bersih dari tindak pidana korupsi.

Ditambahkan Masryadi, pada pengadaan salah satu material di proyek ini, CCW telah menemukan indikasi ketidak sesuaian pada RAB dan terindikasi adanya pelanggaran hukum karena tidak sesuai spesfikasi. “Kami sudah punya data awal dan kami akan meneruskan melakukan pendalaman investigasi untuk melaporkan proyek ini ke kejaksaan dan kepolisian,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Masryadi menyampaikan, usai melakukan pulbaket atas investigasi proyek rehabilitas pelabuhan penyeberangan Bira, pihaknya akan mendorong temuan-temuan tersebut masuk ke ranah hukum.

“Kita tunggu saja kalau semuanya sudah rampung kami akan teruskan ke ranah hukum. Semua pihak-pihak terkait, KPA, PPK dan rekanan bakal kami teruskan ke ranah hukum,” tutupnya.

Sekedar diketahui pelaksanaan pekerjaan oleh penyedia jasa PT. Karya Pembangunan Resky dengan nulai proyek Rp 27.600.000.000

( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here