Nahhh, Lho Terkuak…. Belasan Tenaga Magang Satpol PP Pemprov Sulsel Diberhentikan Lewat WA, Dikonfirmasi, Kasat Pol PP Diam

0
346

MAKASSAR — Mengejutkan !!! Satu per satu masalah pada lingkup Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Sulsel terkuat. Belum usai sorotan dugaan tenaga magang atau kontrak dan honorer siluman, kini muncul sorotan lain.

Pemberhentian sebanyak belasan tenaga magang anggota Satpol PP Pemprov Sulsel pada Februari tahun 2021 lalu diduga tanpa prosedur dan mekanisme baru terkuat saat ini.

Dari hasil investigasi celebes-news.com, surat pemberhentian belasan tenaga magang tersebut ditandatangani oleh Kasat Pol PP pada bulan Februari 2021. Namun surat penghentian atau pemutusan kontrak sebagai tenaga magang anggota Satpol PP Pemprov Sulsel baru mereka terima pada Maret 2021 melalui pesan whatsApp (WA).

“Nah, sekarang masalahnya penyampaian pemberhentian belasan tenaga magang anggota Satpol PP ini melalui pesan WA. Aturan dan dasar pemberhentian mereka melalui WA itu dari mana, kemudian kenapa mereka baru disampaikan pada Maret 2021, sementara surat pemberhentian dari Kasat Pol PP ditandatangani pada Februari 2021, mohon dijawab pak Kasat Pol PP sehingga ini tidak jadi polemik dan makin bias di masyarakat,” tegas Ketua Umum Lembaga Poros Rakyat Indonesia, M Jafar Sainuddin kepada celebes-news.com pada, Jumat (14/1/2022).

Kisruh pemberhentian belasan tenaga magang ini memantik reaksi masyarakat, sorotan tajam ditujukan kepada Kasat Pol PP yang dinilai kurang etis dan kurang elok serta diduga tidak menjalankan prosedur aturan pemberhentian sesuai mekanisme.

Karena itu, ia meminta Plt Gubernur Sulawesi Selatan untuk mendalami beberapa persoalan yang terjadi pada lingkup Satuan Polisi Pamong Praja dan memanggil Kasat Pol PP untuk memberi penjelasan atas pemberhentian belasan tenaga magang melalui WA.

Beberapa tenaga magang anggota Satpol PP yang diberhentikan tersebut bahkan telah bekerja atau mengabdi belasan tahun.

“Sekarang dengan kondisi pandemi seperti saat ini kasihan mereka yang selama ini jadi tumpuan keluarga, pasti ikut terpukul dampak pandemi covid,” paparnya.

Sementara di satu sisi, kata dia, rekruitmen tanaga magang anggota satpol PP dilakukan dengan orang-orang baru. “Kami berharap Plt Gubernur ikut mengusut rekruitmen orang-orang baru tersebut sebagai tenaga magang anggota satpol PP, sementara mereka telah mengabdi terbilang cukup lama tiba-tiba diberhentikan, ada apa pak kasat ?,”tutupnya.

celebes-news.com mencoba meminta klarifikasi dan konfirmasi melalui surat kepada Kasat Pol PP Pemprov Sulsel hingga saat ini diam dan belum memberikan tanggapan serta jawaban konfirmasi dan klarifikasi. ( Laporan : Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here